Image

Menperin Dorong Pengiriman TKI untuk Tenaga Kerja Formal

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 21:28 WIB
https img k okeinfo net content 2017 02 17 320 1621653 menperin dorong pengiriman tki untuk tenaga kerja formal VH1puqCuXl jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri secara bertahap berupaya untuk mengirim tenaga kerja Indonesia (TKI) pada sektor formal. Sektor nonformal seperti pembantu rumah tangga pun akan diminimalkan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko pada tenaga kerja non terampil asal Indonesia.

"Itu kan sudah jelas misalnya terjadi penurunan risiko dari sejumlah negara contah di kwuait itu tadinya di salter KBRI kita bisa 700-an orang setahun yang bermasalah sekarang tinggal 50-an orang kemudian dari segi kasus juga menurun. Nah untuk sementara yang formal makin naik dan informalnya menurun, ada PR yang ilegal-ilegal itu tapi secara keseluruhan menurun," tuturnya di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Pemerintah pun akan bekerjasama dengan TNI, Polri, untuk meminimalisir jumlah TKI ilegal. Kerjasama ini juga dilakukan untuk mencegah tenaga kerja asing masuk ke Indonesia secara ilegal.

"Hal yang sama juga bisa diperlakukan ke TKI misal mau bekerja dokumennya tidak lengkap, begitu di cek enggak jelas tujuan kepergiannya itu di migrasi. Jadi disejumlah titik kita perkuat kerjasama dan demgan polisi terkait pencegahannya dan kita minta mggak berhenti dilapangan kita mau terus didalami sampai ketemu aktor utamanya siapa itu dengan Polri," jelasnya.

Khususnya TNI, kerjasama dilakukan pada daerah perbatasan. Diharapkan tak lagi ada tenaga kerja asing yang masuk secara ilegal ke Indonesia dan sebaliknya.

"Kalau TNI di kawasan perbatasan," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini