Image

Krisis Lahan, Generasi Milenial Harus Biasakan Diri dengan Hunian Vertikal

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 12:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 17 470 1620926 krisis-lahan-generasi-milenial-harus-biasakan-diri-dengan-hunian-vertikal-0WUktQTyiQ.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Sekira lima tahun lagi generasi milenial yang bekerja dan bermukim di Jakarta diprediksi tidak bisa membeli dan memiliki rumah. Maka dari itu, generasi milenial sejak sekarang mau tidak mau harus membiasakan untuk membeli dan tinggal di hunian vertikal.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengemukakan, sebenarnya selama ini pemerintah berharap generasi milenial untuk membeli dan terbiasa tinggal di hunian vertikal. Sebab, ini mengingat semakin krisisnya lahan di tengah kota.

"Justru muda itu harapkan tinggal di (hunian) vertikal. Supaya lebih dekat dengan tempat kerjanya. Kalau (rumah) tapak jauh, adanya di pinggiran kota," ujarnya kepada Okezone.

Sebab, jika generasi milenial terus memaksakan kehendak untuk membeli rumah tapak yang saat ini banyak terdapat di kawasan pinggiran Jakarta, maka akan menimbulkan biaya tambahan dalam hal transportasi. Belum lagi cicilan rumah yang harus dibayar dan tidak seimbang dengan pendapatan bulanan.

"Kalau beli landed di remote area, maka cicilan tidak sebesar itu. Menjadi persoalan adalah kesehariannya, pengeluaran transportasi, apalagi di perbatasan seperti Depok, Bekasi. Maka ujung-ujungnya per bulan itu bisa banyak pengeluarannya dan masalah waktu dan lainnya," tuturnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini