Image

Generasi 1981-1994, Biasakan Tinggal di Hunian Vertikal seperti Negara Tetangga

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 13:07 WIB
https img o okeinfo net content 2017 02 17 470 1620970 generasi 1981 1994 biasakan tinggal di hunian vertikal seperti negara tetangga XtKzGsF0RV jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Lima tahun lagi generasi milenial terancam tidak akan bisa membeli dan memiliki rumah. Untuk itu, generasi yang kelahiran antara tahun 1981-1994 ini diharapkan bisa terbiasa dengan konsep hunian vertikal.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan, generasi milenial Indonesia diharapkan bisa mencontoh generasi milenial di negara-negara tetangga. Singapura misalnya, generasi milenialnya sedari dulu sudah menempati apartemen di tengah kota.

"Generasi milenial memang harus terbiasa dengan hunian vertikal. Tengok saja Singapura, anak-anak mudanya saja mau tinggal di apartemen," ujarnya kepada Okezone.

Menurut Syarif, pemerintah setempat di negara tetangga tersebut memang memberikan perhatian kepada generasi milenialnya dengan menyediakan sebuah program khusus. Mengingat penghasilan bulanan individu yang belum lama bekerja terbilang minim, maka diberikan keringanan berupa dibolehkan menyewa unit hunian vertikal.

Setelah penghasilan bulanan meningkat dan memiliki kesanggupan untuk mencicil, maka saat itu lah hunian tersebut sudah harus mulai dicicil oleh mereka.

"Di luar negeri ada program khusus untuk keluarga muda. Jadi dia sifatnya tidak membeli, tapi sewa saja," jelasnya.

Meski demikian, kata Syarif, generasi milenial Indonesia boleh saja jika tetap bersikeras untuk memiliki rumah tapak di kawasan pinggiran. Hanya saja, dengan catatan memastikan penghasilan bulanan mampu menutupi biaya cicilan rumah setiap bulannya.

"Kalau di bawah Rp7 juta beli di kota enggak mungkin pasti harga rumahnya Rp1 miliaran ke atas. Inflasi itu jauh lebih tinggi dari kenaikan gaji. Jadi kejar-kejaran," tukasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini