Image

BPJS Mau Aktifkan Program Pinjaman DP Rumah, Pengaruhnya ke Properti Mewah?

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 15:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 17 470 1621168 bpjs-mau-aktifkan-program-pinjaman-dp-rumah-pengaruhnya-ke-properti-mewah-epLScSS2we.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Program tambahan pinjaman uang muka atau DP dan renovasi perumahan yang pernah dijalankan BPJS Ketenagakerjaan saat masih menjadi Jamsostek, sempat distop lantaran minimnya peminat. Namun, baru-baru ini BPJS berencana untuk menjalankan kembali program tersebut.

Aktifnya kembali program ini disambut baik, pasalnya akan berimbas positif terhadap pertumbuhan industri di sektor properti dan percepatan program 1 juta rumah. Namun apakah program ini juga berdampak terhadap properti bertaraf mewah?

Ketua Umum DPP Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdilah mengatakan, melihat program BPJS tersebut yang tidak dikhususkan untuk menyasar properti kelas menengah dinilai juga akan mempengaruhi rumah-rumah mewah meski tidak signifikan.

"Saya pikir kalau untuk program BPJS itu kan ada golongan, ada golongan dari pekerja biasa hingga pekerja yang lainnya. Nah golongannya itu makanya untuk DP-nya pun sangat berbeda. Jadi untuk properti untuk semua jenis tidak masalah di BPJS. Artinya mulai kelas karyawan biasa sampai karyawan kelas atas itu kan golongannya sudah jelas," katanya dihubungi Okezone.

Dia pun meyakini, tak ada imbas negatif yang terjadi bagi sektor properti jika nantinya program BPJS ini sudah benar-benar berjalan.

"Tidak ada, kan itu juga nanti kan juga kerjasama dengan pengembang, artinya BPJS memfasilitasi para karyawan, untuk penyediaan rumah dan bangunan juga melalui pengembang, justru bagus menurut saya," tambahnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini