Image

Usia 30-36 Ideal Beli Rumah, Ini Alasannya!

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 18:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 17 470 1621426 usia-30-36-ideal-beli-rumah-ini-alasannya-HBTU51qHBy.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Individu yang mulai menginjak usia 20-an dan sudah bekerja, biasanya mulai memikirkan hal-hal serius untuk masa depan. Salah satu target tersebut biasanya adalah keinginan untuk memiliki rumah idaman sendiri.

Kemampuan individu dalam membeli rumah adalah ketika menginjak usia produktif. Produktif di sini maksudnya adalah sudah memiliki penghasilan sendiri. Namun, biasanya individu baru akan dikatakan matang dalam hal penghasilan ketika berusia rentang 31-36 tahun.

Menurut Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna, rentang usia segitu sudah dirasa paling ideal dan tepat mulai mencicil rumah. Soalnya, penghasilan bulanan yang didapat terbilang sudah matang ketimbang individu yang baru 1-4 tahun bekerja. Itu artinya, sudah memiliki kemampuan untuk menyisihkan penghasilan bulanan sekitar 30% untuk kredit pemilikan rumah (KPR).

"Karena harus punya kemampuan menyicil KPR 30% dari gaji. Itu kalau tidak ada (kemampuan untuk bayar) cash," ujarnya kepada Okezone.

Idealnya rentang usia 31-36 tahun, jelas dia, karena pada 3 tahun pertama biasanya perbankan memberikan tarif KPR yang flat. Namun begitu tahun berikutnya, nasabah KPR akan dikenakan bunga pasar yang mana angkanya lebih tinggi.

Meski demikian, individu tidak harus menunggu usia 30-an ketika ingin memiliki rumah. Jika seseorang sudah merasa matang dalam hal keuangan untuk mencicil KPR, maka bisa saja dimulai dengan sesegera mungkin.

"Ketika gajinya aman di tingkat sekian umurnya? Ya segera saja dimulai (nyicil KPR)," tuturnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini