Image

HOT SHOT: Shigenori Shiga Sarjana Nuklir Berjiwa Samurai

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Sabtu 18 Februari 2017, 18:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 18 320 1622047 hot-shot-shigenori-shiga-sarjana-nuklir-berjiwa-samurai-mJ5zdHwv97.jpg Shigenori Shiga. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Di tengah badai krisis yang melanda Toshiba, perusahaan asal Jepang tersebut malah mencatatkan kerugian mencapai USD6,3 miliar dalam bisnis nuklirnya. Dalam laporan keuangan Toshiba selama sembilan bulan di 2016, Toshiba mengalami rugi bersih sekira USD4,4 miliar.

Perusahaan ikonik asal Jepang tersebut pada akhir Desember melaporkan akan mengalami kerugian beberapa miliar dolar dari bisnis konstruksi pembangkit nuklir di AS. Toshiba mengharapkan mendapat pendapatan bersih sekira USD1,3 miliar di akhir Maret 2017 untuk menutupi krisis keuangan.

Layaknya, Samurai guna mempertanggung jawabkan kepemimpinannya, Chairman Shigenori Shiga pun mengundurkan diri. Akibatnya, saham Toshiba anjlok hingga 10%.

Lulussan Universitas Tohoku pada 1979 dengan gelar Master di Teknik Nuklir ini memang sudah lama bergabung dengan Toshiba. Dia memiliki 26 tahun pengalaman di bidang Teknik dan Manajemen Proyek untuk industri nuklir dengan Toshiba Corporation.

Dia telah sangat aktif dalam manajemen proyek pabrik nuklir dan desain NSSS dan rekayasa uranium sepanjang karirnya, khususnya dalam upaya komponen reaktor desain dan rekayasa. Shiga pun dipercaya menjabat sebagai Ketua Westinghouse Electric Company LLC sejak Juli 2010.

Dia pun dipercaya menajdi penangung jawab kerjasama antara Westinghouse dan Toshiba untuk mewujudkan efek sinergi dan memperluas bisnis Westinghouse.

Dari situ, dia dipercaya menjabat sebagai Senior Manager Pengembangan Bisnis Nuklir, Jurusan Teknik Proyek Tanaman dan Jurusan Sistem Teknik Toshiba Corporation Industri dan Divisi Energi Nuklir Power Systems.

Dia pun dipercaya menjabat sebagai Chief Coordination Officer and Senior Vice President of Westinghouse Electric Company, LLC dari Desember 2006 sampai dengan 1 Juli 2010. Dari situ, kariernya meningkat menjadi Corporate Senior Vice President Toshiba Corporation sejak Juni 2011.

Dia lalu dipercaya menjabat sebagai Interim Chief Executive Officer dan Presiden di Westinghouse Electric Company, LLC dari April 2012 hingga September 2012.

Shiga kemudian menjabat sebagai Executive Vice President Toshiba Corporation Power Systems Company dan kemudian menjabat sebagai Corporate Executive Vice President di Toshiba Corporation sejak Juni 2014 hingga 6 Oktober 2015.

Shigenori Shiga pun menjadi Representative Executive Officer di Toshiba Corporation sejak September 2015 dan menjadi Chairman Toshiba Corporation sejak 28 Juni 2016 sampai 15 Februari 2017.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini