Image

Kemendag: Penghapusan SIUP dan TDP Permudah Pengusaha!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 21 Februari 2017, 14:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 21 320 1624222 kemendag-penghapusan-siup-dan-tdp-permudah-pengusaha-ucQXw4GFrf.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan surat edaran yang akan menghapus aturan kewajiban perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan, selama ini pengusaha selalu direpotkan dengan perpanjangan SIUP sesuai dengan peraturan Kemendag. Tapi mulai hari ini ia mengatakan perpanjangan tidak perlu lagi dilakukan.

"Presiden tadi saat buka Raker di Istana sudah bilang akan memberikan kemudahan untuk pengusaha. Salah satunya SIUP. SIUP tidak perlu daftar ulang. Cukup sekali saja. Sudah saya tandatangani (surat edaran). Harusnya keluar hari ini," ungkapnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Menurutnya, dengan diberlakukannya peraturan baru mengenai izin usaha ini maka pengusaha di seluruh wilayah Indonesia sudah harus mengikuti aturan baru tersebut.

Selain SIUP, Enggar juga mengatakan jika pengusaha akan diberi kemudahan juga dalam Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Di mana perpanjangan daftar perusahaan yang dilakukan setiap 5 tahun sekali dengan persyaratan yang banyak tidak perlu lagi dilakukan.

"TDP dengan formulir yang banyak dan perpanjangan setiap 5 tahun sekali, sekarang cukup dengan online saja. Enggak perlu isi macam-maca terlalu banyak. Kecuali nama perusahaannya berubah. Biaya yang ditetapkan juga nol Rupiah," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini