Image

Pengusaha Sambut Baik Penghapusan Perpanjangan SIUP

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 21 Februari 2017, 20:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 21 320 1624619 pengusaha-sambut-baik-penghapusan-perpanjangan-siup-PCnGp9mB4L.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perdagangan telah mengeluarkan surat edaran mengenai perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Aturan baru menyebutkan bahwa pelaku usaha tidak perlu lakukan perpanjangan SIUP.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan P Roeslani menyambut baik aturan baru tersebut. Menurutnya, perpanjangan SIUP sangatlah tidak efisien.

"Mantap bagus itu, ngapain juga SIUP diperpanjang, kalau menurut saya membuat efisien, kita tidak repot," ujarnya di Kantor Direktorat Jenderal Pajak Selasa (21/2/2017).

Rosan menilai, pelaku usaha cukup melakukan pelaporan. Sistem pelaporan juga harus dibuat efisien, sehingga pelaku usaha tidak terbebani.

"Sekarang kita tidak perlu perpanjang hanya perlu pelaporan saja. Melalui email atau manual," ujarnya.

Selain SIUP, pengusaha juga akan diberi kemudahan dalam pengurusan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Perpanjangan TDP hanya dilakukan setiap 5 tahun sekali menggunakan mekanisme online tanpa beban biaya. Pengusaha juga tidak akan direpotkan oleh banyaknya persyaratan.

"Itu salah satu hal yang sangat positif," tukas Rosan.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini