Temui Ribuan Ibu-Ibu, Jokowi Tanya Nama Burung hingga Nama Menteri

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 23 320 1626184 temui-ribuan-ibu-ibu-jokowi-tanya-nama-burung-hingga-nama-menteri-XYNirXCHc9.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi telah meluncurkan program bantuan pangan non tunai. Terdapat lebih dari 1.000 ibu-ibu yang hadir dalam peluncuran di GOR POPKI, Jakarta Timur.

Dalam kesempatan ini, Jokowi sempat memanggil tujuh orang dari berbagai daerah, di antaranya adalah dari Bogor dan Bekasi. Seperti biasanya, Jokowi pun memberikan pertanyaan dengan hadiah sebuah sepeda.

Terdapat beberapa pertanyaan yang diajukan. Di antaranya adalah mengenai makanan khas Indonesia dan nama- nama pulau. Meskipun diiringi oleh permintaan Ibu-Ibu agar Presiden tidak memberikan pertanyaan yang sulit, namun Ibu-Ibu ini tampak tidak mengalami kesulitan dalam menjawab pertanyaan Jokowi.

"Suka-suka yang nanya," respons Jokowi ketika diminta untuk tidak memberikan pertanyaan yang berat kepada para Ibu-Ibu, Jakarta, Kamis (23/2/2017).

"Pulau Jawa, Sumatera, Merauke," tutur salah seorang Ibu-Ibu yang disambut gelak tawa para hadirin.

Tak hanya itu, Jokowi juga menanyakan nama-nama burung kepada Ibu-Ibu yang lainnya. Ibu Sumiati asal Depok pun berhasil menjawab pertanyaan Jokowi dengan baik.

"Burung beo, burung perkutut, burung cikukur (tekukur)," jawab Ibu Sumiati.

"Ada ya cikukur itu, apa itu," tanya Jokowi.

"Burung Nuri. Sudah pak jangan banyak-banyak, belum sarapan. Ada snack minum di sini. Tapi belum makan nasi Pak, kan sudah siang" jawab Ibu Sumiati yang kembali diiringi oleh gelak tawa para hadirin.

Jokowi juga sempat menanyakan Pancasila kepada Ibu-Ibu asal Bogor dan juga nama-nama Menteri. Dengan lantang, Ibu tersebut juga berhasil menjawab tantangan Jokowi.

"Ibu Puan Maharani, Ibu Kotipah (Khofifah)," jawab salah satu Ibu-Ibu

"Bukan, yang benar," sela Jokowi

"Bu Khofifah," jawab Ibu-Ibu tersebut memperbaiki.

Jokowi pun akhirnya memberikan sepeda kepada 7 Ibu-Ibu yang diminta untuk maju ke atas panggung. Pada akhirnya, Jokowi menekankan agar kartu non tunai yang diberikan tidak digunakan untuk membeli pulsa atau rokok bagi sang suami, sekalipun dipaksa. Apabila terbukti, maka penerima manfaat alam kehilangan haknya.

"Jangan untuk beli rokok," tegas Jokowi.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini