Image

Begini Tren Perkantoran Masa Kini!

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017, 15:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 23 470 1626309 begini-tren-perkantoran-masa-kini-CMlKOUHnB2.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Pasar properti perkantoran memiliki berbagai ragam bentuk. Meski yang selama ini lebih di kenal adalah perkantoran formal yang berada di sebuah gedung, rupanya mulai terjadi pergeseran tren secara perlahan.

Pasar perkantoran yang beberapa tahun lalu sempat mengalami kejayaan karena tumbuhnya bisnis dalam negeri, kini tingkat keterisian kantor pun mulai mengalami penyusutan. Hal itu disebabkan banyak pelaku usaha yang kini memilih alternatif lain yang dinilai lebih cocok bagi mereka.

"Bahwa ada satu aspek bisnis yang lagi berkembang ya, (bagi bisnis startup) kayak gini, mereka kantornya nggak harus di CBD (central business district). Karena startup company (yang rata-rata) anak muda mereka bisa dikatakan tidak suka kemapanan," jelas Kepala Departemen Riset dan Konsultasi Savills Indonesia Anton Sitorus di Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Karakteristik pelaku bisnis startup yang demikian pun dinilai lebih cenderung memilih kantor yang lebih informal dan fleksibel. "Jadi mereka biasanya memilih ruang kantor macam co-working space, SOHO (kantor merangkap tempat tinggal), lalu ada lagi hot desking (ruang kantor tanpa sekat)," terangnya.

Namun, di antara ketiganya, yang kini pertumbuhannya paling menonjol adalah co-working space. Pasalnya mereka mampu menawarkan fleksibilitas yang lebih baik dari segi tarif dan jangka waktu penyewaan. Selain itu, SOHO juga mulai mendapatkan perhatian para pebisnis di Indonesia khususnya Jakarta.

"Yang lagi tren juga SOHO. Jadi rumah merangkap kantor ini juga lagi tren. Mungkin (segmennya lebih menyasar) perusahaan jasa desain, pelukis atau profesional lainnya. Dan sekarang juga ada namanya hot desking. Banyak perusahaan demi efisiensi dan efektivitas mereka membuat sebagian ruang kantor menjadi hot desking," tambahnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini