Image

Bisnis Startup Naik 6 Kali Lipat di 2020, Co-Working Space Bakal Melejit

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017, 16:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 23 470 1626384 bisnis-startup-naik-6-kali-lipat-di-2020-co-working-space-bakal-melejit-KIXcQjjwSY.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Bisnis perkantoran berupa co-working space atau kantor perorangan di mana dalam ruangan tersebut terdapat beberapa entrepreneur yang berbagi ruangan, dianggap sebagai pasar yang potensial dalam beberapa tahun ke depan. Bukan tanpa alasan. Pasalnya, segmentasi pasar co-working space yang mayoritas bisnis startup akan terus tumbuh diikuti kemajuan teknologi.

Kepala Departemen Riset dan Konsultasi Savills Indonesia Anton Sitorus menyatakan, hingga 4 tahun ke depan, bisnis startup akan meningkat lebih dari 5 kali lipat.

"(Startup) akan tumbuh 6,5 kali sampai 2020, sehingga jumlah perusahaan yang diperhitungkan sampai 2020 sekitar 13 ribu perusahaan company, lalu (ditambah) perusahaan jualan online shop," katanya di Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Dengan meningkatnya perusahaan-perusahaan startup, otomatis kebutuhan ruang kantor juga akan ikut mengalami peningkatan.

"Dan Indonesia merupakan salah satu yang paling tinggi volumenya. Kalau kita terjemahkan dengan kebutuhan ruang kantor dari 13 ribu perusahaan itu masing-masing perusahaan itu kan karyawannya enggak banyak, (katakanlah) lima," jelas dia.

Sehingga, ia menyimpulkan, kebutuhan untuk 5 karyawan dari 13ribu perusahaan diperkirakan dapat mencapai 5 juta meter persegi. Pengembang pun dapat memanfaatkan space sebanyak 5 juta meter persegi untuk mengisi pasar mereka.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini