Tak Berisiko Banjir, Perlukah Rumah Diasuransikan?

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 24 470 1627111 tak-berisiko-banjir-perlukah-rumah-diasuransikan-DskDmRkBTF.jpeg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Jika kita memiliki rumah di daerah yang kemungkinan tidak akan terkena banjir, perlukah kita mengasuransikannya dari risiko akibat oleh banjir?

Bagi pemilik rumah yang kerap kali merasa waswas ketika hujan deras rumahnya akan terendam banjir padahal selama ini belum terkena banjir mungkin akan mulai berpikir untuk mengikuti asuransi banjir.

Namun, Perencana Keuangan Fredy Piellor mengingatkan agar kita tidak terlalu terburu-buru mengasuransikan rumah kita dari risiko banjir.

"Katakanlah kita punya rumah di daerah yang cukup tinggi dan peluang untuk banjir sangat kecil, dan selama ini belum pernah terkena banjir, ya untuk apa pula kita asuransikan banjir," katanya kepada Okezone.

Dia juga mengatakan, sekalipun kita memiliki rumah di kawasan yang terkena banjir, namun selagi kita tahu rumah kita tidak terdampak buruk akibat banjir, maka dirasa belum perlu untuk diasuransikan.

"Misalnya kita punya rumah di daerah banjir ya, selama ini katakanlah kita tahu banjirnya cuma sampai di jalan karena rumah kita sudah kita tinggikan 1 meter, nah perlu nggak kita asuransikan banjir?," tutur Fredy.

"Katakanlah kalau kita punya rumah yang cukup tinggi sementara ketinggian air tidak akan pernah masuk karena kita yakin itu kita punya rumah tinggi dari permukaan jalan saya pikir nggak perlu asuransi banjir ya," tambahnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini