Cemas Rumah Kena Banjir? Yuk, Siapkan Dana Darurat dari Sekarang!

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 24 470 1627479 cemas-rumah-kena-banjir-yuk-siapkan-dana-darurat-dari-sekarang-Za4lCD5TRz.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Banjir terkadang sulit untuk diprediksi. Bahkan terkadang datang secara tiba-tiba. Tak hanya rumah yang menjadi langganan banjir. Rumah yang tak berpotensi banjir sekali pun bisa saja terkena banjir.

Bagi pemilik rumah yang sebelumnya tidak pernah kebanjiran, lalu tiba-tiba terkena banjir mungkin tak memiliki persiapan menghadapinya maupun dalam menanggulangi kerugian yang diakibatkannya. Lalu, bagaimana jika hal itu melanda?

Tentu sebisa mungkin kita akan menghindari untuk berutang. Namun jika kita tak memiliki dana yang dipersiapkan untuk menghadapi banjir bagaimana cara yang tepat untuk kita lakukan?

"Kalau misalnya nggak ada ruang lagi (dana pas-pasan) otomatis yang bisa kita lakukan menjual aset kita yang ada, misalnya emas atau misalnya kita punya reksadana, tabungan yang ada," kata Perencana Keuangan Fredy Piellor kepada Okezone.

Namun terkadang, kita merasa berat untuk menjual aset-aset yang kita miliki untuk memperoleh dana agar bisa memperbaiki rumah yang mengalami kerusakan akibat banjir. Untuk itu, dia menilai betapa perlunya kita selalu menyiapkan dana darurat.

"Nah gunanya ada dana darurat itu untuk membayar urgent-urgent yang tidak kita asuransikan itulah. Nah adakah dana dalam keadaan darurat yang kita miliki? Kalau nggak ada ya berarti otomatis kita terpaksa mesti likuidasi, likuidasi aset, kita mesti jual barang yang kita miliki, kita bisa menjual itu untuk memperbaiki rumah yang kena banjir tadi tanpa berhutang," pungkasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini