nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masjid Istiqlal di Awal Berdiri, Tanpa Pagar

Trio Hamdani, Jurnalis · Minggu 26 Februari 2017 18:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 26 470 1628626 masjid-istiqlal-di-awal-berdiri-tanpa-pagar-jVBCXoYTkw.jpg Masjid Istiqlal (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pagar-pagar kokoh tampak berjajar dengan gagahnya mengitari kompleks masjid yang didapuk sebagai salah satu masjid terbesar di dunia, Istiqlal. Namun, mungkin sebagian orang tak mengetahui bahwa dahulu masjid ini dibiarkan terbuka tanpa perlindungan pagar.

Seperti dikatakan salah satu pemandu tamu Masjid Istiqlal, masjid ini baru diberikan pagar pengaman pada belasan tahun silam.

"Ini pada zaman Presiden Habibie dibuatnya," kata dia kepada Okezone di Kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (26/2/2017).

Dia pun menjelaskan mengapa pada akhirnya masjid ini dibatasi oleh pagar-pagar yang berdasarkan keterangannya terbuat dari bahan stainless steel.

"Tidak terlalu banyak peremajaan di Masjid Istiqlal ya, paling pagar yang di luar. Kenapa? Karena dulu tidak dipagar. Kemudian banyak orang menginap di Masjid Istiqlal, dan banyak preman serta lain sebagainya," ungkapnya.

Demi menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna masjid ini, maka dibuatlah pagar yang melindungi kompleks Masjid Istiqlal.

"Karena itu kemudian dibuatkan pagar di luar dan kemudian di dalam juga dibuatkan pagar di pintu-pintu seperti ini jadi orang tidak bisa dengan sembarangan masuk Masjid Istiqlal," tambahnya.

(dhe)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini