nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masjid Istiqlal Tak Gunakan 1 pun Kaca Jendela, Kenapa?

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 27 Februari 2017 19:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 27 470 1629453 masjid-istiqlal-tak-gunakan-1-pun-kaca-jendela-kenapa-B93otIF3Za.jpg (Foto: Trio/Okezone)

JAKARTA - Jika diperhatikan, ada yang menarik dari arsitektur Masjid Istiqlal. Masjid terbesar di Asia Tenggara ini tak memiliki satu buah pun kaca jendela di masing-masing dinding bagian luarnya.

Lantas, tahukah anda mengapa masjid sebesar Istiqlal dirancang tanpa memiliki satu kaca jendela sekalipun?

Dikatakan salah satu pemandu tamu Masjid Istiqlal M. Faiz Fayad, hal itu sengaja dilakukan lantaran demi menciptakan efisiensi. Masjid dengan luas bangunan mencapai 7 hektare ini tentunya membutuhkan daya listrik yang tidak kecil jika menggunakan mesin pendingin.

Untuk itu, dengan tak adanya kaca jendela, akan memaksimalkan udara yang masuk ke area bangunan masjid.

"Jadi memang Istiqlal ini dibuat sedemikian rupa untuk mengurangi panas. Kalau misalnya ditutup pakai kaca itu akan menyebabkan panas dan membutuhkan AC (air conditioner) yang banyak berarti membutuhkan listrik," katanya kepada Okezone di Kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta.

Dengan tidak adanya alat pendingin ruangan saja, dikatakannya penggunaan listrik untuk operasional bangunan sudah begitu besar. "Apalagi kalau ditambah AC. Jadi yang ada AC hanya ruangan tertentu saja. Sedangkan di lantai utama nggak pakai AC," lanjutnya.

Dia pun mengatakan, sejak awal berdiri hingga hari ini Masjid Istiqlal tak pernah sekali pun dipasang kaca jendela.

"Nggak ada jendela memang dibuat seperti itu karena kondisinya tropis maka dibuat seperti ini sehingga tak ada jendela, ruang terbuka, supaya sebagai ventilasi juga sehingga orang ketika masuk Istiqlal merasa nyaman, tidak gerah. Ketika di masuk Istiqlal merasa adem," tambahnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini