Optimalkan Belanja Negara, Sri Mulyani Pimpin Rapat Anggaran

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 28 20 1630028 optimalikan-belanja-negara-sri-mulyani-pimpin-rapat-anggaran-UfTVj3qiuH.jpg Foto Sri Mulyani (MJ/Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani memimpin Rapat Koodinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga. Koordinasi dilakukan untuk mendorong terwujudnya optimalisasi belanja negara.

Sri Mulyani mengatakan, rakornas ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Pertemuan dengan K/L ini dilakukan agar semua bisa memahami pentingnya peranan K/L dalam mengelola keuangan negara.

"Sisi belanja yang kita alokasikan di hampir semua K/L tujuannya tidak hanya untuk biayai kegiatan peranan K/L, tapi juga terutama untuk mencapai tujuan pembangunan nasional agar bisa mengurangi kemiskinan dan menciptakan masyarakat adil makmur," kata dia di Kementerian Keuangan, Selasa (28/2/2017).

Diharapkan dengan pertemuan seperti ini para Menteri, Sekjen maupun Irjen bisa mengerti alokasi anggaran bukan hanya untuk keperluan K/L itu sendiri. Melainkan untuk pembangunan nasional.

"Oleh karena itu, rakor untuk menyamakan persepsi dan memastikan pelaksanaan anggaran bisa berjalan selancar mungkin dengan tata kelola baik," tukas dia.

Sekadar informasi, pelaksanaan Rakornas didasari pemikiran akan semakin pentingnya peranan Kementerian Negara/Lembaga dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pelaksanaan program strategis nasional.

Rakornas juga dapat mengevaluasi berbagai kendala yang menghambat kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2016, antara lain pelaksanaan kegiatan yang tidak terencana dengan baik dan menumpuk di akhir tahun, ketidaktepatan waktu penyelesaian tagihan kepada negara, dan penyampaian data kontrak ke KPPN.

Selanjutnya, diharapkan ditemukan solusi untuk kendala tersebut sehingga tidak terulang kembali pada pelaksanaan anggaran tahun 2017. (dni)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini