nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ribuan Tiang Pancang Marmer Cantik Hiasi Istiqlal, Ini Fungsinya

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 10:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 28 470 1629991 ribuan-tiang-pancang-marmer-cantik-hiasi-istiqlal-ini-fungsinya-2FB2RXBIeP.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Meski bukan terkenal karena banyaknya jumlah tiang yang menyangga langit-langitnya, tak dapat dipungkiri Masjid Istiqlal memiliki jumlah tiang yang terbilang banyak.

Masjid yang memiliki ribuan tiang pancang ini pun jadi memiliki daya tarik tersendiri dari segi arsitektur. Gaya bangunannya tampak begitu artistik dengan tiang pancang yang sebagian besar dilapisi oleh dinding marmer.

Yang membanggakannya lagi, marmer-marmer yang digunakan pada tiang dan dinding Masjid Istiqlal menggunakan karya dalam negeri.

"Bahan tiang pancangnya terbuat dari besi, semen, kemudian dilapisi dengan marmer. Marmer ini dari Tulungagung dan Lampung. Produksi dalam negeri," kata salah satu pemandu tamu Masjid Istiqlal M. Faiz Fayad kepada Okezone di Kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta.

Dia pun mengatakan, sejak pertama kali masjid ini berdiri tak banyak marmer yang diganti, namun ada beberapa yang diakuinya telah diganti karena mengalami sejumlah kerusakan.

"Mungkin yang rusak-rusak saja yang diganti," lanjutnya.

Selain itu, fungsi dari tiang pancang yang jumlahnya begitu banyak ini dikatakannya untuk meredam guncangan yang terjadi di lantai-lantai atas. Pasalnya kapasitas masjid ini sendiri mampu menampung ratusan ribu manusia.

"Tiang-tiang ini sengaja dibuat untuk memperkokoh Masjid Istiqlal itu sendiri. Dulu awalnya, jadi ketika orang lari itu terdengar suaranya. Maka di buatlah pancang yang banyak sekali ini untuk menopang beban yang ada di atasnya, juga untuk meminimalisir gempa juga, supaya kuat lah," tambahnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini