nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masalah Izin Mendirikan Bangunan Sebabkan Turunnya Pertumbuhan Ekonomi

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 17:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 28 470 1630448 masalah-izin-mendirikan-bangunan-sebabkan-turunnya-pertumbuhan-ekonomi-uB8ReI3tE1.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA – Jakarta Property Institute (JPI) saat ini mencatat setidaknya ada 25 regulasi yang berkaitan dengan proses perizinan bangunan gedung di DKI Jakarta. Dari 25 regulasi tersebut, JPI mencatat terdapat sejumlah izin yang berbenturan.

Berbenturannya regulasi terkait perizinan bangunan ini lantaran terdapat aturan baru yang menghapus ketentuan lama. Namun, aturan tersebut tidak diatur kembali di regulasi yang baru.

"Ini mengakibatkan terjadinya ketidakpastian hingga kekosongan hukum dalam penerapan di lapangan," kata Direktur Eksekutif JPI Wendy Haryanto di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Ia juga mengatakan bahwa masalah perizinan bangunan ini terdapat di tingkat peraturan gubernur.

"Apabila ini dibiarkan akan berisiko terhadap pertumbuhan industri properti ataupun real estate yang menurun selama 5 tahun terakhir," jelas Wendy.

Tak sampai di situ, permasalahan perizinan bangunan ini pun pada akhirnya akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi di Ibu Kota secara keseluruhan.

"(Penurunan) terhadap pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta yang memiliki kontribusi signifikan untuk ekonomi nasional," tambahnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini