nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Pengembang Sulit Ajukan Izin Mendirikan Bangunan

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 20:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 28 470 1630533 ini-alasan-pengembang-sulit-ajukan-izin-mendirikan-bangunan-PPyyi0i1Gd.jpg Ilustrasi : Shutterstock

 JAKARTA - Perizinan terkait pendirian bangunan (Izin Mendirikan Bangunan/IMB) yang bertentangan dianggap menghambat pengembang dalam membangun proyek properti. Hal itu pun dinilai menyebabkan industri properti sulit tumbuh.

Direktur Eksekutif Jakarta Property Institute Wendy Haryanto mengatakan, selain menyulitkan pengembang dalam membangun proyek, dengan adanya aturan yang saling bertentangan membuat proses perizinan menjadi lama.

"Waktu memberikan perizinan karena kalau regulasi ini semuanya bertabrakan nanti begitu sampai di bidang perizinan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) itu mereka nggak bisa eksekusi," katanya di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

"Jadi misalnya saya punya tanah, arsitek mendesain buat saya. Sudah jadi gambarnya, sudah beres segala macam, karena regulasinya bertentangan semua itu nggak jalan, di PTSP itu nyangkut semua," lanjutnya.

Hal itu pun diakuinya kerap kali menyebabkan pihak PTSP menjadi pihak yang disalahkan, padahal urusan pembuat peraturan bukan menjadi tanggung jawab mereka.

"Jadi PTSP-nya pun kena marah dari pengembang karena perizinannya nggak keluar-keluar. Kenapa nggak keluar-keluar, karena mereka nggak bisa menjalankan tugasnya," jelasnya.

"Jadi bentroknya itu sudah di tiga sisi, nggak cuma di pengembang tidak bisa bikin bangunan, sebenarnya keseluruhan adalah di pihaknya mereka sendiri. Karena mereka nggak bisa mengeluarkan perizinan karena masing-masing perizinan bertentangan," tambahnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini