nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sulit Dapat Izin, Banyak Pengembang Nekat Bangun Gedung Tanpa IMB

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 21:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 28 470 1630585 sulit-dapat-izin-banyak-pengembang-nekat-bangun-gedung-tanpa-imb-lDKm6Ia5P8.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Sulitnya mendapatkan izin mendirikan bangunan (IMB) membuat sejumlah pengembang nekat mendirikan proyek sebelum IMB didapatkan. Mereka lebih memilih membayar denda administratif akibat dari pendirian bangunan sebelum mendapatkan izin.

Hal itu pun dilakukan dengan alasan karena lamanya menunggu IMB, sementara bisnis harus tetap dijalankan.

"Misalnya saya mau bangun gedung nggak keluar-keluar IMB-nya karena bertabrakan terus kan, saya bangun saja gedungnya. Misalnya nekat, di formula (aturan Perda mengenai sangsi administratif) tahun 2012 itu ada rincian dendanya," kata Direktur Eksekutif Jakarta Property Institute Wendy Haryanto di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Namun, saat ini dengan direvisinya aturan tersebut membuat denda yang harus dibayarkan dihilangkan meski tetap ada sanksi administratif.

"Revisi dari perda tersebut tahun 2015. Tetap disebut sanksi administratif tapi formulanya hilang jadi yang nyangkut gimana, gedung sudah pada selesai tapi IMB tetap nggak keluar ini tidak bisa beroperasi, ini banyak kejadiannya sekarang," jelasnya.

Hal itu pun dinilainya menimbulkan masalah baru lantaran pengembang yang mestinya membayar denda administratif menjadi kesulitan untuk menebus dendanya.

Sehingga, dia menambahkan, saat ini terdapat sejumlah bangunan yang semestinya sudah dapat beroperasi namun belum dapat dioperasikan.

"Sekarang banyak sekali yang nyangkut. Jadi masalahnya itu ke kota, ke pengembang, ke semua jadi masalah. Implikasi dari aturan yang berbenturan dan tidak jelas ini banyak," tambahnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini