nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lemari Custom Jadi Solusi Tempat Penyimpanan yang Rapi

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 01 Maret 2017 13:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 01 470 1631166 lemari-custom-jadi-solusi-tempat-penyimpanan-yang-rapi-8VyNRvWrR2.jpg Foto: Koran Sindo

SEDANG bingung memilih lemari yang pas dengan area kamar Anda? Tidak ada salahnya membuat lemari custom (pesanan) sehingga Anda bisa menyesuaikan ukuran dan bentuk yang pas dengan tema kamar tidur.

Tempat penyimpanan bukan hanya gudang, lemari pun bisa menggunakan credenza dan wardrobe sebagai contoh area penyimpanan lainnya yang lebih luas dan bergaya. Terlebih, lemari merupakan tempat penyimpanan seperti butik pribadi di rumah.

Desain interior Susan Octari Yauwhan menjelaskan, wardrobe merupakan lemari pakaian yang berbentuk furniture built-in. Fungsinya untuk menampung sejumlah pakaian yang terdiri atas jas, blazer, baju kerja, kemeja, dan t-shirt. Wardrobe juga bisa diidentikkan dengan walk-in closet yang terkadang juga dilengkapi meja rias, semuanya dibuat dalam satu area tertentu.

Biasanya jenis wardrobe bisa berbentuk lemari, ruangan tersendiri, dan open wardrobe atau terbuka. Biasanya bagian dalam wardrobe umumnya terdiri dari laci, rak, kotek penyimpanan, fix hanger, dan pull down hanger. Bagian rangkanya terbuat dari stainless steel, aluminium, atau kayu, semuanya sesuai selera dan kebutuhan Anda.

“Desain wardrobe sangat bervariasi, ada yang dibuat menerus hingga plafon, ada juga yang menyisakan ruang di bagian atas lemarinya. Bentuknya ada yang dibuat single line,menyudut model L shaped, tinggal tergantung layout kamar tidurnya,” kata Susan.

Wardrobe idealnya ditempatkan pada kamar tidur atau kamar mandi, tinggal tergantung kebutuhan Anda sebagai pemilik rumah. Jika kamar tidur Anda luasnya terbatas, ada baiknya pilih jenis wardrobe yang posisinya menyatu dengan kamar tidur.

“Pada prinsipnya, desain ruang dalam wardrobe harus efisien dan fleksibel. Untuk wardrobe berukuran kecil, bisa disiasati dengan menyediakan sepasang gantungan, beberapa laci, dan rak yang cukup untuk beberapa pakaian yang ingin ditaruh di dalamnya,” tutur Susan.

Desain rak pada wardrobe bisa dibuat lebih kombinasi, yaitu terbuka dan tertutup, asalkan diatur dengan baik dan rapi. Untuk memudahkan pencarian pakaian, Anda bisa memisahkan area untuk beberapa pakaian gantung, rak untuk pakaian lipat, dan area tas. Sedangkan untuk area penyimpanan aksesori, ada baiknya Anda menggunakan laci geser yang berbentuk wafel. Bisa juga dengan menempatkan wadah transparan untuk memudahkan Anda dalam mencari barang yang dibutuhkan.

Wardrobe memiliki banyak kelebihan, salah satunya bisa memaksimalkan penggunaan ruang. Anda pun tidak perlu repot untuk membersihkan bagian atas lemari yang sering menjadi sarang debu dan kotoran.

Untuk menyiasati ruangan yang terbatas, Anda bisa menggunakan wardrobe yang memiliki model pintu geser atau sliding door agar ruangan tidak terlihat sempit. Hal terpenting adalah sentuhan personal pengguna harus diutamakan saat Anda hendak membuat wardrobe dan perhatikan dengan teliti akan kebutuhan serta penggunaannya.

Wardrobe di kamar utama harus bisa tertata dengan jelas agar tidak membingungkan Anda ketika melakukan pencarian. “Memperhatikan ukuran ruangan menjadi satu hal utama. Ukuran dan skala disesuaikan dengan besar ruangan yang ada agar ruangan yang tersedia bisa lebih efektif,” ucap Susan.

(rai)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini