MK Hapus Limit PPN Kebutuhan Pokok, Mendag: Kita Ikut Kemenkeu

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 02 Maret 2017 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 02 320 1632673 mk-hapus-limit-ppn-kebutuhan-pokok-mendag-kita-ikut-kemenkeu-F84lwRe4GX.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan untuk menghapus penjelasan mengenai jenis bahan kebutuhan pokok yang diberi penghapusan pajak pertambahan nilai (PPN). Keputusan ini mengusul adanya permintaan uji materi terhadap pasal 4a UU PPN.

Terdapat 11 komoditas yang digugat mengenai PPN. Di antaranya adalah beras, gabah, jagung, sagu, kedelai, garam, daging segar, telur, susu, buah-buahan, serta sayur-sayuran diskriminatif.

Menanggapi keputusan ini, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita belum mengetahui secara lebih rinci mengenai hal ini. Beliau pun sempat bertanya kembali kepada awak media perihal putusan ini.

Hanya saja, Enggar mengatakan bahwa keputusan ini akan diikuti. Enggar pun sepakat dengan keputusan Kementerian Keuangan yang akan mempelajari putusan ini.

"Ya sudah berarti akan sama-sama kita pelajari," tuturnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Kementerian Perdagangan saat ini memang tengah sibuk untuk mempersiapkan KTT IORA. Untuk itu, dalam beberapa hari ke belakang fokus lebih diberikan kepada KTT ini.

"Kita nanti akan ada deklarasi untuk chamber of commerce di Indian Ocean Rim," imbuhnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini