Menanti Petunjuk Teknis Fasilitas DP KPR BPJS Ketenagakerjaan

ant, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 03 470 1633064 menanti-petunjuk-teknis-fasilitas-dpr-kpr-bpjs-ketenagakerjaan-LZf1t92pjE.jpg Ilustrasi : Okezone

MANADO - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kerenagakerjaan Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dalam merealisasikan program pinjaman uang muka perumahan (PUMP) tahun 2017 di daerah tersebut.

"Tahun ini semua sudah masuk dalam rencana tahun 2017, namun masih menunggu juknis dari kantor pusat," kata Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Manado, Andi Syamsu Rijal di Manado, Jumat (3/3/2017).

Andi mengatakan setelah juknis turun baru pihaknya akan melakukan sosialisasi terhadap perusahaan yang selalu melakukan pembayaran iuran tepat waktu.

Untuk program PUMP tersebut pihaknya akan bekerja sama dengan perbankan yakni bank milik pemerintah seperti BTN, BRI, BNI dan Mandiri.

"Untuk tepatnya, nanti ketika juknis keluar maka akan diketahui bank mana yang akan bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan," jelasnya.

Program PUMP ini untuk membantu tenaga kerja mendapatkan rumah.

BPJS Ketenagakerjaan akan terus memberikan kesempatan kepada pekerja peserta untuk mendapatkan kemudahan memperoleh rumah dengan program PUMP.

Tahun sebelumnya, persyaratan PUMP, katanya, pekerja telah bekerja pada perusahaan yang terdaftar sebagai peserta Jamsostek minimal satu tahun, tertib administrasi dan iuran. Sementara bagi pekerja, selain persyaratan kepesertaan, melengkapi salinan kartu Jamsostek, memasukkan fotokopi KTP, kartu keluarga, surah nikah, slip gaji serta surat keterangan aktif bekerja dari perusahaan.

Proses permohonan PUMP, katanya, terlebih dahulu pengembang menawarkan rumah kepada pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya Jamsostek atau bisa juga perusahaan bersama pekerja bersangkutan mencari lokasi perumahan yang ada pengembang.

Apabila perusahaan dan tenaga kerja telah sepakat atas penawaran rumah oleh pengembang maka perusahaan membuat surat permohonan PUMP kepada BPJS Ketenagakerjaan baik secara individu maupun kolektif," katanya.

Setelah permohonan diterima, akan melakukan verifikasi data dan bila sudah lengkap persyaratannya akan diterbitkan surat rekomendasi yang akan menjadi dasar pihak bank memproses pencarian PUMP.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini