nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RAJA ARAB: Kantongi Investasi USD9,4 Miliar, Jangan Main-Main!

Feby Novalius, Jurnalis · Sabtu 04 Maret 2017 12:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 04 213 1634070 raja-arab-kantongi-investasi-usd9-4-miliar-jangan-main-main-Q4FiDqVhTD.jpg Foto: Dok Ant.

JAKARTA - Nilai investasi Arab Saudi dengan Indonesia mencapai USD9,4 miliar. Dengan rincian USD6 miliar untuk sektor kilang, USD1 miliar infrastruktur dan USD2,4 untuk sektor perumahan, kesehatan hingga pariwisata.

Menurut Ekonom Universitas Indonesia Nina Triaswati, besarnya modal Arab di sini menjadi tantangan bagi pemerintah. Dirinya menyoroti kebijakan yang masih tumpang tindih selama ini dapat membuat realisasi investasi Arab Saudi di Indonesia terhambat.

Raja Salman Apresiasi Kerukunan Antar Umat Beragama di Indonesia

"Contoh saja dialog Freeport dengan pemerintah yang belum selesai. Freeport mau KK disuruh IUPK. Karena aturan beda-beda. Ingat yah orang punya uang biasanya dia pasti hati-hati terhadap investasinya," tuturnya, dalam acara diskusi, di Jakarta, Sabtu (4/3/2017).

Investasi Arab Saudi, kata Nina, menjadi pekerjaan rumah (PR) besar khususnya pemerintah. Karena dari USD9,4 miliar investasi Arab Saudi, sekira USD7 miliar dikerjasamakan antara pemerintah dan kerajaan Arab.

"Kalau yang USD2,4 miliar kan swasta yah business to business pengusaha kita. Besarnya juga di sektor perumahan USD2 miliar. Kalau itu sepertinya tidak masalah, yang masalah adalah apakah pemerintah nilai fantansi ini," tandasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini