nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut Paparkan Tugasnya di Pertemuan IMF-World Bank

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 06 Maret 2017 20:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 06 20 1635807 menko-luhut-paparkan-tugasnya-di-pertemuan-imf-world-bank-Ko0l9u6G4L.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF dan World Bank. Pertemuan tersebut akan dilangsungkan di Pulau Dewata pada 12-14 Oktober 2018.

Guna menyukseskan acara tersebut, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menugaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sebagai Ketua Penyelenggara acara IMF dan World Bank.

Lantas bagaimana persiapan penyelenggara terkait pertemuan tersebut ?

Luhut mengatakan, Indonesia menjadi tuan rumah dan tugasnya hanya mengorganisir terkait masalah keamanan, pariwisata, dan lainnya. Terkait masalah World Bank dan IMF menjadi tugas Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia.

"Itu tugas saya. Substansinya tetap WB Sri Mulyani. (Menteri Keuangan) dan IMF itu Gubernur BI (Agus Martowardojo). Kok kayak (jadi Ketua Penyelenggara) heboh aja," kata Luhut di kantornya, Gedung BPPT, Jakarta, Senin (6/3/2017).

Menurutnya, di dalam acara pertemuan nanti akan ada 15.000 orang dengan 189 negara penyelenggara. Terdapat 300 Menteri Keuangan dan 300 Gubernur Sentra Bank yang datang dari masing-masing negara.

"Nah kita mau memanfaatkan ini untuk misalnya turis pergi ke mana-mana, kita mau maksimal. Enggak sempat dong urus WB sendiri, IMF sendiri," ujarnya.

Tak hanya itu yang datang, akan banyak para CEO dari perusahaan dunia yang datang ke Bali saat acara berlangsung. Di sini, kata Luhut, Ketua Penyelenggara berperan supaya banyak investasi masuk ke Indonesia.

"Nah itu tugas saya mengkerjasamakan. Jadi, substansi dari WB dan IMF Menteri Keuangan dan Gubernur BI," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini