Image

5 Klub Bola yang Sukses Merumput di Pasar Saham

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Kamis 09 Maret 2017, 00:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 08 278 1637824 5-klub-bola-yang-sukses-merumput-di-pasar-saham-3PpzUmiDXU.jpg Foto: the richest

JAKARTA - Apa kesamaan antara National Association of Securities Dealers Automated Quotations (NASDAQ), Standard & Poor 500 (S&P500) dan Fédération Internationale de Football Association (FIFA)? Tidak ada. Namun, berbeda halnya jika tim sepak bola tersebut memutuskan untuk menawarkan sahamnya ke publik.

Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk go public, maka kepemimpinan dan arahnya akan menjadi perhatian. Terutama jika bersangkutan dengan kepemilikan saham dan akuntabilitas.

Bisnis olahraga, sama seperti bisnis lainnya pasti memiliki risiko dan tantangan terutama bila sahamnya diperdagangkan secara publik. Bila mengalami kegagalan maka harga sahamnya dapat turun, begitu pula sebaliknya.

Di pasar saham Indonesia, setidaknya ada dua klub sepakbola yang berencana melakukan penawaran saham perdana. Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan perwakilan dari beberapa klub sepakbola Indonesia telah membuka obrolan dengan pihak BEI mengenai peluang masuk ke pasar saham.

Seperti dilansir dari The Richest, Kamis (9/3/2017), 5 klub sepak bola ini telah melakukan penawaran saham perdana ke publik.

 

1. Manchester United

Klub sepak bola Manchester United memiliki hubungan yang menarik dengan pasar saham. Hal tersebut karena rencana perusahaan dianggap salah satu langkah besar dalam evolusi permainan di Inggris.

Periode 1990 an dan 2000 an banyak klub berencana menawarkan saham perdana ke publik. Hal tersebut dianggap menjadi hal yang paling efisien untuk meningkatkan modal, namun sejumlah klub mengalami kekecewaan dengan percobaan itu.

Salah satu contohnya adalah Tottenham Hotspur, salah satu klub terbesar di Inggris yang memperdagangkan saham pada 2010-2011, tetapi memutuskan untuk membeli sebagian saham, dan kembali go private.

Menariknya, Manchester United telah bergerak ke arah berlawanan. Klub ini pertama kali go public pada 1990, dan banyak tawaran pengambilalihan yang dilaporkan tidak pernah terwujud sepanjang 1990.

Kemudian, pada 2003, seorang pengusaha Amerika Malcom Glazer perlahan-lahan mulai meningkatkan sahamnya di klub tersebut hingga kepemilikan saham oleh Glazer mencapai 98%.

Pada 2012, Glazer memutuskan untuk mencatatkan saham MU di bursa saham New York dengan menjual 16,7 juta saham, tetapi harganya dijual sekitar USD14. Angka ini di bawah harga saham IPO yang diharapkan di kisaran USD16- USD20.

2. Lazio

Societa Sportiva Lazio, sapaan untuk klub sepak bola asal Italia ini didirikan pada 1900 dan berbasis di Roma. Klub Italia tersebut jadi yang pertama bergabung di bursa saham pada 1998.

Lazio, salah satu dari tiga klub Italia seri A yang mencatatkan saham di Borsa Italiana. Sebagian besar saham Lazio sekitar 66,69% dipegang oleh Claudio Lotito, seorang pengusaha Italia yang menjadi pemegang mayoritas pada 2004.

Sisa sahamnya sekitar 33,30% dipegang oleh publik. Saham Lazio telah naik 9,68% pada tahun lalu.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini