Image

Berkah Raja Salman, Frekuensi Penerbangan Indonesia-Arab Unlimited

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 08 Maret 2017, 12:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 08 320 1637227 berkah-raja-salman-frekuensi-penerbangan-indonesia-arab-unlimited-riLPVkMwFT.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA – Indonesia mendapat banyak keuntungan dari kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Ada 11 perjanjian yang dikerjasamakan, salah satu yang direalisasikan terkait nota kesepahaman otoritas aeronautika RI dan otoritas Arab Saudi.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan, perjanjian kerjasama (MoU) dengan hadirnya Raja Salman terus dilakukan. Hal yang terjadi adalah tidak terbatasnya penerbangan Indonesia menuju Arab, Arab menuju Indonesia.

"Jadi sekarang unlimited. Mau mengembangkan frekuensi sepuasnya, habis-habisan diperbolehkan. Ini jadi komitmen kita,"tuturnya, di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Sementara itu, Direktur Angkutan Udara Maryati menambahkan, penerbangan unlimited Arab ke Indonesia dengan tujuan Medan, Makasar, Surabaya, Denpasar dan Cengkareng. Penerbangan itu sudah mulai karena perjanjian dilakukan sejak 27 Januari 2017, yang kemudian ditandatangani perjanjiannya oleh Raja Salman saat di Indonesia.

"Jadi dulunya 35 kali , kita dari Arab 35 kali per minggu ke sana 35 . Perjanjian itu harus resiprokal. Kedua sisi sama.

Jadi kita di sana 5 juga tapi 4 kota yang sudah siap , satu kota cuma 7. Jedah, Madinah, Damam Riyadh. Thaif hanya 7 kali seminggu,"tuturnya.

Menurutnya, di dalam perjanjian kerjasama tidak disebutkan kapan waktu kerjasama berakhir. Dengan demikian, kerjasama sektor penerbangan Indonesia dan Arab Saudi bisa terus dilakukan tanpa ada keterbatasan waktu.

"Sampai ada perubahan lagi bebas sampai kapan aja. Jalan terus,"tuturnya.

Untuk maskapai yang melakukan penerbangan Indonesia-Arab, Maryati mengatakan, airlines sana ya rata-ratanya Saudi, Flynas dan yang lainnya. Dari Indonesia, sudah siap untuk umrah, Citilink, Lion, Airasia, Sriwijaya dan Garuda Indonesia .

"Menurut saya tinggal request dari sana, kita gak bisa menentukan. Tapi kita usahakan untuk haji kita usahakan dapat. Dia dapat kita dapat," tandasnya. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini