nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala Bappenas: Saya Tidak Ngurusi Pulau Reklamasi

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 08 Maret 2017 14:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 08 320 1637322 kepala-bappenas-saya-tidak-ngurusi-pulau-reklamasi-wM9erRrPsF.jpg Keplada Bappenas Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menegaskan bahwa persoalan reklamasi pulau di Teluk Jakarta bukan dalam kewenangannya. Selama ini Bappenas hanya fokus terhadap kajian pembangunan tanggul pantai dan tanggul laut.

"Saya tidak ngurusin pulau reklamasi saya ngurusin pertahanan Jakarta terhadap banjir laut," tegasnya di di Kantor Kemenko Maritim, Rabu (8/3/2017).

Pihak Bappenas telah menyelesaikan kajian pembangunan tanggul pantai sepanjang 20 kilometer di pesisir Jakarta. Pembangunan ini diharapkan dapat segera direalisasikan tahun 2017 dan rampung di tahun 2018.

"Harus ada pengambilan keputusan lagi bahwa mulai tahun ini Jakarta harus segera membangun 20 km tanggul pantai," tukas dia.

Saat ini Jakarta hanya memiliki tanggul pantai sepanjang 340 meter. Melalui proyek ini, Pemerintah menargetkan penambahan tanggul pantai hingga 20 kilometer.

Dengan adanya perpanjangan tanggul pantai, diharapkan dapat menekan risiko banjir rob di pesisir Jakarta.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini