Image

SURVEI OKEZONE FINANCE: Ini yang Diharapkan dari Kunjungan Raja Salman ke Indonesia

Tim Ekonomi Okezone, Jurnalis · Kamis 09 Maret 2017, 06:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 08 320 1637337 survei-okezone-finance-ini-yang-diharapkan-dari-kunjungan-raja-salman-ke-indonesia-YYPBze0mb5.jpg Raja Salman (Foto: Dok Setkab)

RAJA Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud melakukan kunjungan kenegaraannya ke Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa Tanah Air kita masih memiliki potensi investasi yang besar.

Raja Salman berkunjung ke Indonesia pada 1–12 Maret 2017. Raja Salman terlebih dahulu melakukan kunjungan kenegaraan di Jakarta pada 1–3 Maret, kemudian dilanjutkan dengan beristirahat di Pulau Bali pada 4–12 Maret.

Ekonom dari Universitas Indonesia (UI) Nina Triaswati mengatakan, selama ini nilai investasi Arab Saudi di Indonesia terus menurun. Bahkan pada 2016, jumlah investasi Arab Saudi hanya USD900 ribu atau turun drastis dibandingkan perolehan investasi di 2015 sebesar USD30 juta.

Meski begitu, hadirnya Sri Baginda Raja Salman ke Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Terbukti dengan sejumlah perjanjian kerjasama senilai USD9,4 miliar (USD7 miliar Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Saudi dan USD2,4 antara pengusaha Indonesia dengan pengusaha Saudi).

Terkait hal itu, Tim Okezone Finance kali ini memberikan sejumlah pertanyaan kepada sejumlah responden, yang terdiri dari pejabat, pengusaha, buruh, hingga pengamat.

1. Menurut Anda, apakah Indonesia bisa memanfaatkan kedatangan Raja Arab ke Indonesia untuk memperoleh investasi secara maksimal?

A. Ya

B. Tidak

Sebanyak 75% responden meyakini kedatangan Raja Salman bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh Indonesia, yakni menjaring investasi yang ada. Sementara 29,4% koresponden tidak yakin pemerintah bisa menghasilkan banyak investasi dari momentum ini.

2. Apakah kunjungan Raja Arab ke Indonesia menyiratkan Sounesia (dukungan terhadap Indonesia) di tengah kebangkitan China?

A. Ya

B. Tidak

Sebanyak 47% responden menjawab kedatangan rombongan Raja Arab menyiratkan dukungan atas Sounesia, sementara 41,2% menyatakan tidak. Lalu sisanya sebanyak 11,8% menyatakan ada kemungkinan itu.

3. Menurut Anda, sektor apa yang paling diuntungkan dari kedatangan Raja Salman?

Berdasarkan jawaban responden, bidang yang paling diuntungkan dari kedatangan Raja Salman adalah sektor energi, pariwisata, dan infrastruktur.

4. Setelah meraih investasi dari Arab Saudi, perbaikan apa yang perlu dilakukan Pemerintah Indonesia agar bisa memukau investor asing lainnya?

Mayoritas responden mengungkapkan pemerintah harus bisa memberikan kepastikan hukum, pembangunan infrastruktur, dan mempermudah perizinan untuk bisa memukau investor asing.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini