Image

Meski Banyak yang Belum Profesional, IPO Klub Sepakbola Tetap Menarik

Ulfa Arieza, Jurnalis · Jum'at 10 Maret 2017, 05:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 09 278 1638731 meski-banyak-yang-belum-profesional-ipo-klub-sepakbola-tetap-menarik-s3ZxawrNpw.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan kedatangan pemain baru di pasar modal. Menariknya, pemain baru ini bukan berasal dari perusahaan komersil kebanyakan, tetapi dari klub sepakbola Indonesia.

Langkah klub sepakbola untuk menjajaki IPO pastinya akan disambut secara positif oleh para pelaku investor. Pasalnya, sepakbola merupakan olahraga yang memiliki pangsa pasar terbesar bagi Indonesia.

"Ini merupakan terobosan besar bagi BEI maupun PSSI pasca-penarikan sanksi dari FIFA kepada PSSI," ungkap Analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji Gusta Utama. ketika dihubungi Okezone di Jakarta.

Kendati demikian, Nafan menilai investor lebih melirik klub dengan performa apik dan memiliki basis penggemar solid. Dengan dua hal tersebut, klub sepakbola mendulang banyak profit. "Sayangnya masih banyak klub yang tidak menjunjung tinggi profesionalisme, jadi sponsor enggan tertarik untuk masuk," tambahnya.

Namun, Nafan yakin dengan masuknya dua klub dalam pasar modal akan membangun kompetisi positif dalam dunia sepakbola Indonesia. Perlahan, klub sepakbola lainnya akan membenahi manajemen dan finansial klub. "Pelan-pelan namun pasti beberapa klub lainnya akan menyusul," tandasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BEI Tito Sulistio menyatakan perwakilan dari beberapa klub sepakbola Indonesia telah membuka obrolan dengan pihak BEI mengenai peluang masuk ke pasar saham

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini