Image

Dikunjungi Menteri Australia, Menhub Budi Jajakan Bandara Pinggiran

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 09 Maret 2017, 11:44 WIB
https img okeinfo net content 2017 03 09 320 1638194 dikunjungi menteri australia menhub budi jajakan bandara pinggiran eqjcOD6vHs jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan penjajakan kerja sama dengan Australia perihal pengembangan bandara di daerah pinggiran Indonesia. Hal ini pun menjadi salah satu pembicaraan di mana Menteri Perhubungan Budi Karya baru saja bertemu dengan Menteri Pembangunan, Komunikasi, Pemerintah Daerah dan Wilayah Australia Hon Fiona Nash.

Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoro, Indonesia saat ini memiliki rencana panjang untuk mengembangkan sektor udara. Seperti pembangunan bandara di daerah pinggiran yang nantinya dijadikan sebagai hub konektivitas.

"Nah dengan Menteri Australia, pinggiran-pinggiran ini yang dibahas. Masih secara penjajakan saja, yang di pinggiran-pinggiran saja seperti di Selatan Indonesia, Rote, Labuan Bajo dan sebagainya,"tuturnya, di Gedung Karsa, Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Agus mengatakan, selama ini pengelolaan bandar udara yang ada di pinggiran daerah diselenggarakan oleh Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) melalui pendanaan APBN. Jika memang diputuskan bekerja sama, Agus mengatakan, terjadi efisiensi pada dana negara yang bisa diperuntukkan untuk pembangunan bandara lain.

"Selama ini kan maintenance selalu memakai dana-dana dari APBN, nah dengan apa yang dilakukan oleh Pak Menteri kerja sama di dalam development dan sebagainya, alokasi APBN kan bisa dihilangkan. Kan kalau sudah bangun bandara harus di mainteance, kan uangnnya keluar terus, ini kan membebani APBN,"ujarnya.

Selain itu, lanjut Agus, keuntungan dengan kerjasama Indonesia-Australia ialah kunjungan-kunjungan wisata mancanegara, baik dari Australia dan negara lain akan meningkat.

"Jadi ada dua opportunity pertama menutup biaya operasional, development, dan mengembangkan potensi di wilayah itu supaya meningkat,"tuturnya. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini