Image

OJK: Dana Repatriasi Masuk ke Pasar Modal Tembus Rp9 Triliun

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 10 Maret 2017, 21:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 10 278 1639897 ojk-dana-repatriasi-masuk-ke-pasar-modal-tembus-rp9-triliun-KOfy3LOkl9.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Program pengampunan pajak (tax amnesty) akan segera berakhir 31 Maret 2017 mendatang. Dana repatriasi yang masuk pun sudah sekitar Rp9 triliun dari sebelumnya Rp2,5 triliun.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida mengatakan, kenaikan dana memang sangat besar, dan akan segera diberikan kepada lembaga.

"Rp2 triliun terus ke pasar modal yang kami lihat ada sekitar Rp9 triliun, ada yang masuk ke saham, masuk ke reksadana, ada yang masuk ke Kontrak Pengelolan Dana (KPD). Terus ada yang di obligasi pemerintah," ungkapnya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (10/3/2017).

Menurutnya dana yang paling besar akan masuk ke reksadana yang akan dibagi lagi kebeberapa sektor seperti obligasi yaitu Surat Berharga Negara (SBN).

"SBN ada, investasi dalam SBN. Kemudian reksadana kan pegang SBN juga. Jadi secara instrumen keuangan kita sebut di reksadana dan kemudian ada yang masuk ke saham juga. Toh cukup banyak yang masuk pertumbuhan juga mulai kelihatan di pasar modal," jelasnya.

Selain itu kenaikan dana repatriasi yang cukup besar dalam waktu yang singkat dinilai sudah terjadi beberapa waktu terakhir. Besaran dana pun dikatakan tidak langsung masuk ke pasar modal melainkan harus melalui tahap.

"Beberapa waktu terakhir lah kira-kira. Karena beberapa waktu ini kami lihat. Tapi itu termasuk yang dari, masuknya di gateway perbankan, jadi tidak langsung ke gateway pasar modal. Tidak ke bursa efek namun gateway perbankan lalu dimulai diinvestasikan ke produk-produk pasar modal," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini