Image

KATA MEREKA : Alamak Cabai Tembus Rp160 Ribu per Kg, dari Kaget hingga Isu Kartel

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 11 Maret 2017, 08:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 10 320 1639758 kata-mereka-alamak-cabai-tembus-rp160-ribu-per-kg-dari-kaget-hingga-isu-kartel-CSOswp6JNR.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia (Bareskrim Polri), akhirnya mengungkap keterlibatan enam perusahaan cabai swasta besar yang terlibat kartel. Bahkan, Bareskrim telah menetapkan dua tersangka kartel cabai rawit merah dengan menetapkan harga di atas ketentuan yang di tetapkan pemerintah.

Harga cabai yang ditetapkan pemerintah berdasarkan Permendag Nomor 63 Tahun 2016 sendiri seharusnya Rp29.000 per kg. Namun harga cabai di pasaran dijual berkisar antara Rp120 ribu hingga Rp140 ribu bahkan ada yang sampai menyentuh harga Rp180 ribu.

Adanya kartel harga cabai, mendapat tanggapan dari Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, ia mengatakan, permainan harga cabai yang ada di perusahaan tersebut harus ditindak tegas karena menyiksa rakyat, dan pihaknya pun telah menyerahkan kepada Bareskrim untuk membongkar praktek ini sampai tuntas.

Menurutnya Menteri Amran, permainan harga ini dilakukan dengan sengaja oleh perusahaan yang bekerja sama dengan pedagang. Sehingga ia pun telah melakukan tandatangan MoU dengan pihak kepolisian untuk menindak tegas para pelaku

Namun saat ini pihaknya sudah memberikan solusi permanen terkait masih melambungnya harga cabai dengan memberikan bantuan bibit cabai untuk ditanam. Kementan memberikan tanaman cabai kepada seluruh anggota PKK di Indonesia sebanyak 10.000 bibit.

Lantas bagaimana masyarakat melihat tentang adanya kartel dibalik melambungnya harga cabai. Apakah yang diharapkan oleh masyarakat, berikut KATA MEREKA :

1. Khoirunisa Kusdiyanti (23 tahun) Guru

Iya sudah tahu. Enggak tahu ya bingung tanggapannya soalnya sudah keseringan naik sih dan kebetulan saya jarang belanja cabai di pasar tapi berdampak untuk makanan jadinya.

Mungkin ada permainan dari para pedagangnya yang sengaja nimbun cabai, biasanya sih kasusnya seperti itu. Saran buat pemerintah sih, semoga cepet punya solusi biar harga cabai enggak terlalu meroket.

2. Umi (22 tahun) Karyawan Swasta

Wah enggak tahu tuh soalnya belum ibu-ibu jadi jarang ke pasar. Sayang banget ya harganya sampai tinggi gitu, soalnya kalau enggak ada cabai itu rasanya enggak enak.

Kalau saya rasa karena faktor cuaca saja, karena cuaca akhir-akhir ini cuacanya ekstrem jadi mempengaruhi tanaman cabai. Pemerintah harus segera cari cara supaya cabai enggak mahal-mahal amat, saya dengar kemarin ada pembagian bibit-bibit cabai dari kementan di mall, nah itu kurang tepat sasaran.

3. Nugyasa Laksamana (25 tahun) Karyawan Swasta

Jujur sih, selama ini gue kurang memperhatikan soal harga cabai. Tapi pas tahu per kilonya sampai Rp160 ribu kaget juga. Padahal, cabai kita kan melimpah.

Mungkin ada permainan dari tengkulak, meskipun gue tahu secara dalam juga, tapi gue yakin yang namanya mafia itu pasti selalu ada dalam sebuah bisnis menggiurkan. Sarannya untuk pemerintah harus dipantau saja, khususnya melalui Kementrian pertanian mungkin ya?

4. Dika (43 tahun) Dosen FE Universitas Padjajaran

Iya saya dengar semakin hari makin naik saja. Kayaknya faktor cuaca yang enggak menentu, daerah sering banjir, transportasi terhambat mungkin gara-gara itu.

Kalau Kartel saya enggak berani bilang gitu, karena saya juga enggak tahu siapa yang main di dalamnya, tapi yang pasti betul ada permainan di dalamnya memanfaatkan cuaca yang enggak menentu. Kalau upaya pemerintah dengan membagikan bibit itu sudah bagus ya hanya mungkin harus sering dikontrol aja.

5. Sulistiani (24 tahun) Karyawan Swasta

Iya tahu. Dengar dari berita-berita katanya harga cabai naik lagi. Sebagai yang belum berumah tangga sih enggak terlalu masalah ya, tapi dampaknya kalau beli makanan semuanya mahal, apalagi lebih mahal harga cabai dari pada harga daging.

Engga tau sih, enggak ngerti sama yang begituan, mungkin saja ada unsur politik aku enggak tahu. Semoga pemerintah cepat kasih solusinya ke masyarakat mengenai harga cabai yang tinggi banget ini.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini