Image

Dapatkah Hidup Normal di Rumah Ukuran 12 Meter Persegi?

Trio Hamdani, Jurnalis · Sabtu 11 Maret 2017, 05:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 10 470 1639289 dapatkah-hidup-normal-di-rumah-ukuran-12-meter-persegi-leIjamnuGX.jpg Foto: Sbs

JAKARTA - Tiny house movement atau gerakan rumah kecil mulai populer di kawasan barat sejak tahun 2005. Popularitas tiny house pun semakin meningkat karena mampu menawarkan hunian yang lebih terjangkau dari segi pendanaan dan ramah lingkungan.

Namun, sejumlah kalangan masih mempertanyakan, dapatkah rumah kecil ini membuat penghuninya untuk tetap hidup dengan normal dan wajar. Sebuah video yang diunggah oleh Sbs mungkin dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Video berdurasi 32 detik itu memperlihatkan seorang wanita menjalankan aktivitas di tiny house berukuran 12 meter persegi. Sebagai perbandingan, rumah ukuran terkecil yang beredar di pasaran adalah tipe rumah 21 dengan ukuran 21 meter persegi. Dengan kata lain rumah yang tampil dalam video kurang dari semenit ini setengah kali lebih kecil dari rumah tipe 21.

Meski demikian, rumah ini bukan sekedar hunian 12 meter persegi. Pasalnya, rumah tersebut menawarkan banyak fitur pendukung bagi penghuninya.

"Kami memiliki cukup ruang untuk tidur empat orang, rumah ini memiliki shower, toilet, tempat tidur dengan queen bed, dapur flip-down yang berfungsi optimal, tempat tidur di loteng yang berada di lantai atas, laundry, dan ruang lemari," kata Ms DiMattina dikutip Sbs.

Tren rumah kecil ini menjadi sebuah gerakan gaya hidup yang mempromosikan hunian yang memiliki ukuran di bawah rata-rata yang berkelanjutan untuk jangka panjang. Harga yang ditawarkan untuk rumah berukuran 12 meter ini sebesar USD120 ribu atau setara Rp1,6 miliar (Kurs Rp13.377 per USD). (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini