Image

Teknik Arsitektur Menakjubkan, Bangunan Ini Seolah Tak Terlihat!

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 13 Maret 2017, 05:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 10 470 1639401 teknik-arsitektur-menakjubkan-bangunan-ini-seolah-tak-terlihat-qLlZWEe3hO.jpg Foto: Dezeen

JAKARTA - Seniman asal Amerika Doug Aitken menunjukkan kebolehannya dalam membangun sebuah rumah mungil yang terletak di gurun luar Palm Springs.

Namun, nampaknya sulit bagi kita untuk menyaksikan keindahan arsitektur bangunan yang dibuat olehnya. Sebab, 100% permukaan eksterior bangunan ini dilapisi oleh cermin.

 

Penggunaan cermin itu membuat bangunan tersebut seolah tidak terlihat karena kamuflase yang diciptakan oleh cermin-cermin yang menyelimuti seluruh bangunan.

Akan tetapi, justru penggunaan cermin tersebut yang telah membuat bangunan tersebut tampak unik dan lain dari yang lain. Pasalnya, bangunan ini dapat menipu siapa saja yang hendak melihatnya.

 

Rancangan bangunan yang digarap oleh Atiken ini terinspirasi oleh arsitektur peternakan di California melalui ide-ide arsitek modern yang dikombinasikan.

"Setelah Perang Dunia II, kesederhanaan peternakan gaya ini mendapatkan popularitas sebagai bangunan komersial yang menggunakan pendekatan jalur perakitan sederhana untuk membuat bentuk yang efisien, cocok dengan pertumbuhan yang cepat dari pinggiran kota," kata Aitken dikutip Dezeen.

Gaya arsitektur semacam itu telah lama dikembangkan di wilayah tersebut yakni pada tahun 1920-an dan 1930-an oleh sekelompok arsitek.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini