Image

Gunakan BBG Menguntungkan? Cek Hitung-hitungannya

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 13 Maret 2017, 11:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 13 320 1641225 gunakan-bbg-menguntungkan-cek-hitung-hitungannya-w1VWmBWep6.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, manfaat penggunaan BBG tidak saja dari segi ekonomi, tapi untuk banyak hal.

Misalnya, ada satu mobil yang berjalan menempuh 180 kilometer (km) per hari. Dalam satu bulan atau 26 hari kerja, mobil itu pun terus bekerja.

"Manfaatnya (BBG) secara ekonomi itu bisa hemat sekitar Rp3 juta per bulan bisa hemat. Sementara kalau beli converter (BBM ke BBG) itu sekira Rp26 juta, berati dalam 9 bulan bisa kembali modal. Nah kemudian untuk tahun-tahun berjalan tinggal untungnya aja, itu dari segi ekonominya," tuturnya di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Sementara dari segi melestarikan lingkungan penggunaan gas sudah diketahui sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan. Di mana penggunaannya sejalan dengan komitmen pemerintah dalam hal new and renewable energy seperti kesepakatan dalam COP 21 di Paris.

"Komitmen bahwa kita akan mengurangi emisi gas buang nah ini salah satu cara inisiatif kita, agar kita ikut komoditi dunia bahwa sudah selayaknya kita mempromosikan gas untuk banyak penggunaan, tidak hanya industri juga di sarana transportasi seperti saya bilang, transportasi kita tumbuh 13% coba bayangkan kalau itu BBM semua berapa banyak subsidi untuk BBM," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini