Image

Hore, 5.000 Konverter Kit Dibagikan Secara Gratis

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 13 Maret 2017, 12:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 13 320 1641277 hore-5-000-konverter-kit-dibagikan-secara-gratis-ZDlUR5jjFJ.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan jumlah kendaraan pengguna bahan bakar gas (BBG), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajak kementerian dan lembaga (K/L) untuk mengkonverter jenis bahan bakar minyak (BBM) ke BBG. ESDM pun akan siapakan konverternya secara gratis.

"Kita mendorong pertama instansi-instasi pemerintah yang punya kendaraan sudah kita sarankan untuk mengkonversi menjadi BBG. Kemudian di anggaran kita pun untuk pembangunan infrastruktur kita sediakan anggaran free untuk konverter kit-nya nilainya satu konverter kit bisa senilai Rp23 juta ya, dan itu kita sediakan secara gratis semoga nanti yang mencoba dan menggunakan bisa mengetahui manfaatnya," tutur Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Menurut Arcandra, langkah supaya program konversi BBM menjadi BBG pada kendaraan dapat sukses. Namun, seberapa besar kesuksesannya bergantung berapa banyak yang menggunakan konverter BBM ke BBG.

"Kan sekarang baru beberapa, terutama bajaj nih sehari bisa 1.800 yang ngisi bahan bakar di sini, kalau kita bisa tingkatkan lagi dan tentu station-station seperti ini kalau bisa kita galakkan lagi, biar nanti bajajnya tidak harus ke monas ngisinya. Nah ini salah satu yang kita dorong untuk penggunaan gas ini tidak saja di industri tapi transportasi," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) IGN Wiratmaja Puja menambahkan, tahun ini KESDM menyiapakan 5.000 konverter kit dengan rata-rata harga per satu unit sekira Rp20 juta.

"Itu seperti yang Pak Wamen bilang. Sementara SPBG kita tidak membangun langsung kita mendorong swasta nanti yang membangun. Dukungan swasta untuk terbangun tentu gasnya kita sediakan, kerjasama sama Pertamina sama PGN," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini