Image

Siap-Siap, SPBU Diwajibkan Bangun Dispenser BBG

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 13 Maret 2017, 14:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 13 320 1641357 siap-siap-spbu-diwajibkan-bangun-dispenser-bbg-9dTHDThP1h.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan pengunaan bahan bakar gas (BBG) pada kendaraan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah menyiapkan aturan terkait pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG).

Menurut Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas) IGN Wiratmaja Puja, aturan akan dituangkan dalam Peraturan Menteri ESDM. Isinya, kata Wirat, nanti SPBU di daerah-daerah tertentu yang sudah ada infrastruktur gas akan diwajibkan ada satu dispenser gas.

"Permen sedang dibahas. Nanti juga enggak harus ada jalur pipa gasnya (daerah yang diwajibkan). Yang penting di sana ada gas. Kan bisa online lewat pipa, bisa juga lewat MRU," tuturnya di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Di dalam aturannya, Wirat mengatakan, pemerintah akan menghitung margin supaya SPBU yang mendapat kewajiban menambah dispenser gas memperoleh keuntungan.

"Lagi dihitung yang bagus. Marginnya yang cukup supaya ekonomis," tuturnya.

Selain itu, Wirat melanjutkan, KESDM menyiapakan 5.000 konverter kit dengan rata-rata harga per satu unit sekira Rp20 juta yang akan dibagikan gratis tahun ini.

"Itu seperti yang Pak Wamen bilang. Sementara SPBG kita tidak membangun langsung kita mendorong swasta nanti yang membangun. Dukungan swasta untuk terbangun tentu gasnya kita sediakan, kerjasama sama Pertamina sama PGN," jelasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini