Image

Tax Amnesty Untungkan Perusahaan hingga UMKM Yogyakarta

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2017, 11:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 14 320 1642138 tax-amnesty-untungkan-perusahaan-hingga-umkm-yogyakarta-QH1FGFsOlO.jpg Ilustrasi: Reuters

YOGYAKARTA – Anggota Komisi VI Ambar Tjahyono mengungkapkan, program pengampunan pajak (tax amnesty) menguntungkan perusahaan, termasuk UMKM. Salah satunya utang usaha kecil dan menengah (UKM) berupa pajak yang belum dibayarkan tahuntahun sebelumnya, akan dibersihkan atau diampuni.

Politikus Partai Demokrat dari Dapil DIY ini memaklumi isu yang berkembang di kalangan pelaku usaha yang merasa seperti dikejar-kejar dengan urusan pajak. Namun, justru dengan adanya tax amnesty ini menjadi kesempatan bagi perusahaan atau UMKM untuk melakukan pembersihan utang. Artinya, utang pajak lama yang mungkin belum terbayar akan dihapus.

“Lalu kita membayarnya dengan uang tebusan yang relatif kecil,” katanya dalam sambutan sosialisasi tax amnesty kepada para pelaku UKM berbagai bidang yang digelar Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Hotel Bifa Yogyakarta kemarin.

Menurut dia, manfaat lain tax amnesty adalah ikut membantu penerimaan negara di sektor pajak. Tax amnesty juga bermanfaat untuk meningkatkan ketertiban administrasi keuangan UMKM yang sebagian besar masih belum tertib.

Program tax amnesty yang diluncurkan pemerintah saat ini telah menginjak tahap III atau tahap akhir. Kebijakan ini awalnya untuk menyasar para pengusaha besar dan perusahaan konglomerasi yang selama ini belum memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak.

Untuk pelaku UKM yang di target kebijakan tax amnesty adalah pelaku UKM yang telah memiliki omzet setidaknya Rp4,8 miliar per tahun. Ada dua skema tarif yang diberlakukan, yaitu tarif sebesar 0,5% bagi wajib pajak yang mendeklarasikan harta sampai Rp10 miliar dengan melampirkan surat pernyataan omzet.

Sementara skema kedua, tarif 2% bagi wajib pajak yang mengungkapkan harta lebih dari Rp10 miliar dengan melampirkan surat pernyataan omzet. Sementara itu, antusias pelaku UKM di DIY mengikuti sosialisasi tax amnesty cukup tinggi. Mereka ingin mengetahui secara langsung program pengampunan pajak tersebut.

“Saya selama ini hanya mendengar dan baca berita soal itu. Saya ingin mengetahui secara langsung,” ujar salah satu peserta, Dedi Setyawan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini