Image

Mau Konversi BBM ke BBG Lancar? Menteri Jonan: Harga Gas Harus Murah!

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 14 Maret 2017, 11:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 14 320 1642149 mau-konversi-bbm-ke-bbg-lancar-menteri-jonan-harga-gas-harus-murah-hUUSuxx9Je.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebut, harga gas yang murah dibandingkan BBM jenis solar atau premium akan meningkatkan minat pengguna maupun produsen kendaraan.

"Yang paling penting itu apakah harga lebih kompetitif dibandingkan dari BBM. Biasanya kalau gas lebih tinggi dari premium orang enggak minat. Harus 30%-40%, kalau enggak segitu enggak minat," tegasnya dalam acara Natural Gas Vehicles (NGV) & Infrastructure Indonesia Forum & Exhibition yang ke-11 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Menurutnya, penggunaan gas yang lebih banyak dapat membantu pemerintah mengefisiensikan dana subsidi pada bahan bakar. Bagi Pertamina sebagai penyalur BBM, tidak lagi kesulitan karena BBM sudah terkonversi menjadi BBG.

"Pemerintah bisa kurangi subsidi Rp10-Rp15 triliun. Penting itu keterjangkauan," tuturnya.

Sekadar informasi, dalam rangka mempromosikan dan meningkatkan jumlah kendaraan yang menggunakan gas sebagai bahan bakar, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana membagikan 5.000 konverter kit BBM ke BBG secara gratis. Tujuannya supaya gas dijadikan bahan bakar utama untuk kendaraannya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini