Image

Rilis Hari Ini, BI Diproyeksi Tahan Suku Bunga Acuan di 4,75%

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 06:11 WIB
https img okeinfo net content 2017 03 15 20 1643779 rilis hari ini bi diproyeksi tahan suku bunga acuan di 4 75 3UuyG8mXXo jpg Ilustrasi Bank Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) diproyeksi mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI 7-Day RR Rate) di level 4,75%. Pasalnya, inflasi di dalam negeri diperkirakan masih akan berada dalam target BI yakni 3% - 5%. Meskipun pemerintah masih melanjutkan rencana kenaikan tarif listrik.

Ekonom Bahana Sekuritas Fakhrul Fulvian mengatakan, fundamental Indonesia menunjukkan pemulihan yang tercermin pada stabilnya nilai tukar, perbaikan neraca perdagangan dan perekonomian yang diperkirakan belum akan tumbuh signifikan pada kuartal pertama ini.

"Ini akan menjadi pertimbangan utama bank sentral dalam mempertahankan suku bunga tetap sebesar 4,75% pada bulan ini. Apalagi hingga akhir tahun lalu kredit perbankan masih tumbuh 7,9% secara tahunan," kata Fakhrul dalam keterangannya yang diterima Okezone.

Dia menilai bank sentral belum perlu merespons kenaikan suku bunga the fed. Meski pada the Federal Open Market Committee (FOMC) diperkirakan menaikkan suku bunga acuan. Kenaikan ini pastinya berdampak terhadap semua pasar termasuk Indonesia.

''Kenaikan suku bunga the fed kali ini tidak akan terlalu membahayakan pasar dan perekonomian negara-negara berkembang termasuk Indonesia, arus modal ke pasar obligasi diperkirakan masih akan mengalir seiring dengan ekspektasi adanya kemungkinan S&P menaikkan rating Indonesia dalam waktu dekat,'' terang Fakhrul.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini