Share

Lantai Vinil Beri Sentuhan Kesan Natural untuk Rumah

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 15 Maret 2017 14:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 15 470 1643273 lantai-vinil-beri-sentuhan-kesan-natural-untuk-rumah-fs7BQSgebg.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Dari semua jenis pelapis lantai, vinil merupakan jenis pelapis lantai yang relatif murah dan sangat mudah perawatannya. Bahan material yang satu ini juga bisa menghadirkan kesan natural dan sejuk dalam ruangan.

Selain ubin keramik dan granit, ada satu lagi material yang bisa dijadikan alternatif pelapis lantai, yaitu vinil, sebagai pelapis lantai karena lebih praktis, pengaplikasiannya fleksibel, dan harga yang ditawarkan relatif murah.

“Lantai vinil bila diaplikasikan di dalam ruangan akan mengubah suasana menjadi hangat dan lebih natural. Selain itu, harganya relatif lebih murah dibandingkan penutup lantai lain. Perawatannya pun lebih gampang,” ungkap arsitek Reza Luthfansyah.

Bahan material yang satu ini bisa Anda aplikasikan untuk berbagai gaya penataan, baik modern minimalis ataupun rastik. Sales Marketing Aneka Papera Indah, produsen lantai vinil dan wallpaper, Irwan mengungkapkan, lantai vinil memiliki daya tahan yang kuat, tahan api dan air.

Tidak jarang vinil dijadikan pilihan pelapis lantai di bangunan komersial. Antigores juga menjadi salah satu kelebihan pelapis lantai ini dibandingkan material kayu.

Pengganti kayu yang satu ini mampu menahan benturan dan tidak mudah retak. Selain itu, vinil tersedia dalam banyak motif. Motifnya bervariasi, mulai motif polos, kayu, sampai motif yang lebih rumit.

Jika bosan dengan tampilan lantai vinil, Anda bisa menggantinya dengan motif lain, cukup dengan mengelupas lapisan vinil lama dan menggantinya dengan yang baru. Karena dilapisi kain atau busa di bagian bawahnya, lantai vinil pun terasa lebih nyaman ketika dipijak.

“Kelembutan lantai ini memberikan fleksibilitas dalam pemasangannya. Vinil juga diyakini mampu bertahan lama. Beberapa produsen lantai vinil bahkan mengklaim bahwa produknya mampu bertahan 15-20 tahun,” ungkap Reza.

Pelapis lantai yang satu ini terbilang praktis untuk dirawat dan diaplikasikan pada hunian. Anda tidak perlu membongkar lantai keramik karena dengan lem khususnya, vinil dapat menempel dengan sempurna.

“Agar lebih menempel, lebih baik menggunakan lem primade agar lebih kuat dan tahan lama,” papar Reza. Di bagian bawahnya sebagai tempat untuk merekatkan menggunakan lem. Vinil dengan mudah dapat direkatkan menggunakan lem pada lapisan plesteran atau lantai keramik.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini