Image

Dampak Kenaikan Suku Bunga AS Terlihat dalam Jangka Panjang

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 14:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 16 20 1644348 dampak-kenaikan-suku-bunga-as-terlihat-dalam-jangka-panjang-yIdyjXZgix.jpg The Fed. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Janet Yellen telah memutuskan menaikkan tingkat suku bunga acuannya ke posisi 0,75% - 1 %. Suku bunga acuan Bank Sentral AS pun meningkat sebesar 0,25 basis poin.

Pengamat Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengatakan, kenaikan suku bunga The Fed belum terlihat dampaknya untuk jangka pendek, namun untuk jangka panjang akan sangat berpengaruh.

"Dalam jangka panjang ketidakpastian The Fed Rate ini akan mengakibatkan capital outflow dari negara berkembang. Meskipun bisa dicegah dengan kebijakan yang tepat. Salah satunya memperbaiki fundamental ekonomi nasional," ungkapnya kepada Okezone, Kamis (16/3/2017).

Menurutnya dengan memperbaiki kebijakan akan membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar terus stabil. Salah satu kebijakan fundamental yang dimaksud adalah 14 paket Kebijakan Pemerintah.

"Iklim investasi diperbaiki. 14 paket kebijakan di evaluasi sehingga sektor usaha bisa bangkit kembali. Akhirnya kalau itu berhasil. Investasi akan kembali masuk ke Indonesia," tukasnya. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini