Image

Menko Darmin: Pertumbuhan Impor Masih di Atas Ekspor

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 16:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 16 20 1644542 menko-darmin-pertumbuhan-impor-masih-di-atas-ekspor-528LzPawUS.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mendorong berbagai upaya untuk mampu meningkatkan kinerja perdagangan di tengah perlambatan ekonomi dunia saat ini. Berbagai cara dilakukan untuk membuat kinerja ekspor Indonesia tumbuh positif.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, sampai saat ini kinerja ekspor dan impor Indonesia masih stabil. Meski diakui jika pertumbuhan kinerja impor masih di atas kinerja ekspor.

"Ekspor dan impor sudah mulai positif kan jadi sama-sama naik. Jadi kelihatannya setahun ke depan nanti, akan pertumbuhannya positif. Tapi kita melihat pertumbuhan impor masih akan di atas ekspor ada bulan-bulan yang terbalik. Tapi secara tahunan ya kita masih melihat ekspornya tambahnya sedikit di atas impor," ungkapnya di Kantor Perekonomian, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Namun, ia mengatakan jika pemerintah akan terus mencari upaya untuk meningkatkan ekspor dan menurunkan impor khususnya impor konsumsi. Meski hal itu membutuhkan waktu tidak bisa langsung menghentikan kinerja impor konsumsi.

"Ya jangan terlalu terpengaruh lihat bulanannya, nanti setelah 3 bulan, 6 bulan baru coba dianalisa. Kalau sebulan suka relatif aja," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini