Image

Investasi Meningkat, Ekonomi Kuartal I Tumbuh Positif

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 18:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 16 20 1644684 investasi-meningkat-ekonomi-kuartal-i-tumbuh-positif-0wBbGvOdMe.jpg Foto: Dedy/Okezone

JAKARTA – Bank Indonesia menyatakan perekonomian Indonesia pada kuartal I 2017 tumbuh lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya. Laju ekonomi didorong oleh investasi yang meningkat, konsumsi yang masih tinggi dan kinerja ekspor yang membaik.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, investasi non bangunan diperkirakan akan terus membaik tercermin dari berlanjutnya penjualan alat berat yang meningkat, serta penjualan semen yang mulai tumbuh positif.

“Pertumbuhan konsumsi rumah tangga diperkirakan tetap tinggi sebagaimana terindikasi dari penjualan ritel yang tumbuh stabil dan ekspektasi konsumen yang positif,” kata dia di Gedung BI, Kamis (16/3/2017).

Sementara itu, kontribusi Pemerintah terhadap konsumsi dan investasi cenderung membaik. Dari sisi eksternal, kinerja ekspor juga diperkirakan tetap meningkat seiring dengan kenaikan harga komoditas.

“Dengan perkembangan tersebut, untuk keseluruhan tahun 2017, perekonomian Indonesia diperkirakan dapat tumbuh pada kisaran 5,0-5,4% (yoy),” tukasnya. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini