Image

The Fed Naikkan Suku Bunga, BI: Kekhawatiran Kami Tidak Terjadi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 18:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 16 20 1644705 the-fed-naikkan-suku-bunga-bi-kekhawatiran-kami-tidak-terjadi-ZbMjXa4DRn.jpg The Fed. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Gubernur Bank Sentral Amerika Janet Yellen telah memutuskan menaikkan tingkat suku bunga acuannya ke posisi 0,75% - 1 %. Suku bunga acuan Bank Sentral AS pun meningkat sebesar 0,25 basis poin.

Kenaikan tingkat suku bunga ini sesuai dengan sinyal yang disampaikan Yellen. Pasar global pun telah mengantisipasi kebijakan moneter Negeri Paman Sam.

Menurut Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo, pelaku pasar telah merespons baik kenaikan suku bunga acuan AS ini. Hal ini terlihat dari membaiknya Indeks Harga Saham Gabungan dan nilai tukar Rupiah pada hari ini.

"Rupiah ditutup 0,12% hari ini, sama dengan regional. Bahkan IHSG naik 1,5 %  Artinya, yang kami khawatirkan kenaikan Fed Rate akan diikuti pelemahan di local currency atau bursa itu tidak terjadi," tuturnya di Kantor Pusat Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Keadaan ekonomi Indonesia pun saat ini masih berada pada fundamental yang membaik. Hal ini pun menjadi salah satu modal penting bagi Indonesia dalam rangka menghadapi kenaikan the Fed tahun ini.

"Ini kami lihat masih positif . Inflow perekonomian sampai 13 Maret masih ada equivalent USD2,1 sampai USD2,2 miliar. Indonesia masih dipandang baik dari sisi bunga, return yang diterima dari pembelian surat berharga di domestik," jelasnya. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini