Image

Ekonomi Membaik, BI Harap Rating Indonesia Naik

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 19:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 16 20 1644713 ekonomi-membaik-bi-harap-rating-indonesia-naik-p6dQNfdEYA.jpg Ilustrasi Bank Indonesia. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ekonomi Indonesia telah tumbuh membaik sepanjang tahun 2016 lalu. Indikasi ini pun juga terlihat pada kuartal pertama tahun ini.

"Memang kami terus amati perkembangan yang ada. Intinya kenaikan harga komoditas global memberi dampak positif pada konsumsi rumah tangga dan investasi non bangunan," tutur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo di Kantor Pusat Bank Indonesia, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Membaiknya ekonomi Indonesia ini diharapkan dapat berdampak pada membaiknya peringkat Indonesia pada dunia internasional. Salah satunya indeks kemudahan berbisnis dan kelayakan berinvestasi yang selama ini telah diupayakan oleh pemerintah melalui penerbitan paket kebijakan

"Kami harap rating agency yang akan datang ke Indonesia akan memperbaiki rating kita. Memang satu-dua kami dengar keluhan pelaku pasar ada penurunan ritel sales dan ekspor, tapi semoga sifatnya temporer dan tidak berdampak ke aktivitas ekonomi keseluruhan," jelasnya.

Diharapkan, ekonomi Indonesia dapat tumbuh lebih baik pada tahun ini. BI pun optimis target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini dapat tercapai.

"Kami masih tetapkan untuk pertumbuhan ekonomi 2017 5-5,4% belum akan kami koreksi," tukasnya. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini