Image

Fed Rate Akan Naik Secara Bertahap, BI: Menenangkan Pasar

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 21:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 16 20 1644795 fed-rate-akan-naik-secara-bertahap-bi-menenangkan-pasar-vN282bEBgY.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Suku bunga acuan Amerika Serikat telah mengalami kenaikan sebesar 25 basis point. Suku bunga AS ini diprediksi akan kembali mengalami kenaikan hingga akhir 2017 mendatang.

"Mengarah pada 3 kali kenaikan. 1 kali sudah di Maret, dua lagi sampai akhir tahun. Maka kalau kami amati pernyatan Yellen semalam, kenaikan FFR ini dilakukan secara gradual melihat kebiakan fiskal oleh AS," tutur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Dody Budi Waluyo di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Menurutnya, dengan adanya kenaikan secara bertahap, maka hal ini berdampak positif bagi pasar. Pasalnya, pasar telah memiliki persiapan jauh-jauh hari untuk merespons dampak dari kenaikan suku bunga AS ini.

"Stance kebijakan masih akomodatif, ini menenangkan pasar jadi tidak ada pelemahan mata uang di emerging market," ungkapnya.

Bagi Indonesia, lanjutnya, pelaku pasar telah merespon dengan baik kenaikan suku bunga acuan AS ini. Diharapkan, ekonomi Indonesia dapat tetap stabil sehingga tidak akan terdampak besar jika the Fed kembali naikkan suku bunga acuan.

"Stance kami tidak berubah, kami tetap antisipasi risiko global untuk tetapkan posisi normal terhadap policy rate kita. Cukup memadai level yang skrg 4,75%, makanya tidak berubah karena dari hitungan kami tekanan inflasi dan kurs semua calculate," tutupnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini