Image

Fed Rate Naik, Pelaku Pasar Diminta Tak Lebay

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 08:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 16 278 1643983 fed-rate-naik-pelaku-pasar-diminta-tak-lebay-Q6xyktRBHR.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Bank Sentral Amerika Federal Reserve atau The Fed resmi menaikkan suku bunga acuan atau Federal Funds Rate (FFR) sebesar 25 bps atau 0,25% menjadi 0,75%-1% dari suku bunga acuan sebelumnya yaitu 0,5% - 0,75%.

Kenaikan ini merupakan kenaikan kedua dalam tiga bulan terakhir. The Fed terakhir kali menaikkan suku bunga pada Desember 2016 lalu menjadi kisaran 0,5 % hingga 0,75 %.

Analis Binaartaha Parama Sekuritas Reza Priyambada menyatakan, sepanjang kenaikan ini tidak dispekulasikan dengan memanfaatkan sentimen yang ada maka seharusnya baik Rupiah dan IHSG akan cenderung stabil dimana pelemahan yang terjadi beberapa hari terakhir dapat dieliminir

Dalam pandangan Reza, Pemerintah bekerja sama dengan BI dan instansi Pemerintahan terkait lainnya sudah mengantisipasi kondisi ini.

"Instrumen keuangan dalam negeri telah disiapkan dan diantisipasi untuk menghadapi kenaikan ini," terang Reza dalam keterangan tertulis, Kamis (16/3/2017).

Para pelaku pasar, lanjut Reza, tidak perlu panik berlebihan dengan melakukan massive sell-off. Pasalnya, kenaikan ini telah diantisipasi dan diharapkan sebelumnya.

"Jangan terlalu lebay menganggap aliran dana asing akan hengkang hanya karena kenaikan FFR 25 bps," pungkas dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini