nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rombongan Investor Asal Singapura akan Sambangi Indonesia

Dedy Afrianto, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017 13:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 16 320 1644291 rombongan-investor-asal-singapura-akan-sambangi-indonesia-ZHHVJEM1HV.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Indonesia adalah negara yang memiliki banyak tujuan investasi. Salah satunya adalah pada sektor pariwisata. Investor pun banyak melirik sektor pariwisata sebagai salah satu tujuan investasi. Bahkan, Bank Dunia bersedia mengucurkan dananya untuk Indonesia dalam membangun sektor pariwisata.

"Pinjaman world bank sebenarnya sudah beres kok. Tinggal sekarang mungkin yang penting itu mengundang mitra investor, lokal maupun asing," tutur Ketua Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Hiramsyah Sambudhy Thaib di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Terdapat beberapa kawasan pariwisata yang menjadi fokus bagi pemerintah untuk ditawarkan kepada pihak swasta. Utamanya adalah Mandalika dan Danau Toba.

"Mandalika malah sudah jalan, udah ada 5 hotel baru kan. Diharapkan tahun ini groundbreaking," jelasnya.

Tak hanya Bank Dunia, negara-negara seperti Singapura pun juga menunjukkan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia. Bahkan, investor asal Singapura akan mendatangi Indonesia 2 pekan mendatang.

"Jadi yang paling mudah kita undang adalah negara-negara yang memang sudah sangat familiar, terutama negara tetangga. Misal Singapura, Malaysia, Australia, dan China. Pak Menteri kemarin menerima kunjungan dubes Singapura, menyatakan minat, dan 2 minggu lagi rencananya akan ada semacam conference antara kita dengan potensial investor dari Singapura," ungkapnya.

Adapun sektor yang menjadi unggulan bagi Indonesia untuk dijual ke Singapura adalah Danau Toba. Pasalnya, daerah ini memiliki kedekatan posisi secara geografis dengan Singapura.

"Terutama Singapura di Toba, karena deket kan. Rencananya Silangit april ini diperpanjang runway 2600 meter, dan diharapkan di akhir tahun sudah bisa berstatus sebagai bandara internasional. Sehingga penerbangan langsung dari Singapura ke silangit. Makanya dia minat," tuturnya.

Diharapkan, nilai investasi pada sektor pariwisata dapat terus meningkat. Utamanya adalah pada 10 destinasi prioritas yang memiliki keindahan alam dan dapat menarik minat investor, termasuk Danau Toba.

"Toba kan pegunungan, danaunya, budayanya indah sekali yang memang dibutuhkan orang dari Singapura atau yang wisata ke Singapura dan ingin sesuatu yang beda. Singapura kan kontribusi wisman yang cukup besar juga . Bukan hanya orang Singapuranya, tapi juga profesional yang tinggal di Singapura kan banyak sekali," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini